Log in

Binsar Situmorang: Danau Toba Bebas Sampah, Air Semakin Bersih

RAKOR - Kadis DLH Provsu Binsar Situmorang saat Rakor dengan sejumlah Kadis Kabupaten/Kota di Kawasan Danau Toba di Hotel JTS Parbaba. RAKOR - Kadis DLH Provsu Binsar Situmorang saat Rakor dengan sejumlah Kadis Kabupaten/Kota di Kawasan Danau Toba di Hotel JTS Parbaba.

Menuju Destinasi Wisata Dunia

Medan-andalas Peningkatan kebersihan dan kualitas air Danau Toba menuju salah satu destinasi wisata dunia kini semakin nyata. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan air di danau kebanggaan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) itu semakin bersih dan bebas sampah.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis DLH) Provinsi Sumut Dr Ir Binsar Situmorang, M.SI,MAP dalam Rapat Koordinasi dengan Kabupaten/Kota di Kawasan Danau Toba tentang upaya pengelolaan lingkungan hidup dan peningkatan kualitas air Danau Toba di Hotel JTS Parbaba, Kamis (6/11).

Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Lingkungan Hidup ungkap Binsar merupakan agenda tahunan dilaksanakan pihaknya dengan mengundang instansi dinas lingkungan hidup di 7 Kabupaten/Kota Se-Kawasan Danau Toba..

Acara itu digelar mulai tanggal 5-6-11-2019 untuk mencari solusi tepat dan strategis merumuskan dan meningkatkan kerja serta kesinergian program atau kegiatan pengelolaan lingkungan hidup tahun 2020 dengan penekanan optimalisasi ketersediaan sumber daya dan upaya pengelolaan persampahan dan kualitas air Danau Toba semakin bersih dan sudah hilang dari bau.

Menurut Binsar, kualitas air Danau Toba sebelumnya buruk akibat banyak faktor antara lain adanya limbah domestik, peternakan, perkebunan dan limbah rumah tangga.

Lalu,untuk memperbaiki ini maka DLH tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus bisa bersinergi dengan kabupaten/kota di 7 kawasan Danau Toba seperti Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Toba Samosir,Samosir Simalungun, Karo dan Kabupaten Dairi.

Lanjut Binsar lagi, selama setahun ini pihak DLH Provsu sudah melakukan upaya-upaya dan koordinasi sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi air Danau Toba yang semakin bersih.

Diakui Binsar, persoalan air Danau Toba yang bau dihasilkan limbah ternak ikan perusahaan Aquafarm dan Java sudah berkurang. Paling tidak kajian dilakukan sudah sesuap standar ditetapkan agar pakan ternak tidak lagi dibuang sembarang ke Danau Toba.

"Kini kondisi air Danau Toba sudah bersih, tidak bau seperti tahun sebelumnya. Kondisi peningkatan kualitas air sudah semakin baik.Ini berkat kinerja Pemkab dan Pemko di 7 kawasan Danau Toba, bersinergi dan bersama-sama membersihkan kondisi air dan kawasan ini wajib menjadi Destinasi dunia," tukas Binsar.

Hal senada diungkapkan Kadis DLH Kabupaten Samosir, Sudion Tamba. Ia mengatakan, masyarakat Kabupaten Samosir kini sangat peduli dengan kebersihan air Danau Toba.

Bahkan satu tahun terakhir ini turis yang datang ke Samosir bisa menikmati alamnya dan air danau  yang sudah bersih dan hilang dari bau air ikan yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat dan turis yang datang.

"Kebersihan alam Samosir khususnya Desa  Parbaba menjadi sentra objek wisata turis karena keindahan alamnyatertata rapi,"sebutnya seraya menambahkan kini, Pemkab Samosir setiap Jumat melakukan gotong royong 'bebas dari sampah' yang dibuktikan dengan kondisi daerah semakin sejuk, asri bebas sampah.

Kegiatan Rakor juga menghadirkan narasumber Kepala Seksi di BPDAS Asahan Barumun.

Dalam kegiatan ini pihak DLH Provsu lebih memprioritas pembangunan lingkungan hidup Nasional tahun 2020 serta isu strategis LHK 2020-2024 terkait kelestarian fungsi ekosistem mendukung perekonomian nasional.(WAN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C