Log in

Binsar, Agus, dan Sarmadan Calon Kuat Sekdaprovsu


Medan-andalas Anggota Fraksi NasDem DPRD Sumut HM Nezar Djoeli ST mengatakan, Drs Binsar Situmorang MM (Staf Ahli Gubsu), Agus Tripiyono (Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Provsu), dan Sarmadan Hasibuan (Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provsu), merupakan calon kuat Sekdaprovsu menggantikan Hasban Ritonga. Nezar berharap Gubsu HT Erry Nuradi segera mengajukan tiga nama tersebut ke Mendagri untuk ditetapkan salah satunya menjadi Sekdaprovsu. "Ketiga pejabat terbaik Pemprovsu ini dianggap sangat tepat menggantikan posisi Hasban Ritonga, karena ketiganya merupakan pejabat senior serta memiliki track record yang baik. Sudah banyak mengecap asam garam jabatan mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga Pemprovsu,” kata Nezar Djoeli kepada wartawan, Kamis (2/3).

Berkaitan dengan itu, Nezar melihat ketiga sosok tersebut sangat layak menduduki kursi Sekdaprovsu ke depan, disebabkan sudah teruji kepemimpinan dan pengalamannya serta kelebihan di bidangnya masing-masing, sehingga Gubsu hendaknya tidak lagi ragu-ragu mengajukan ketiga nama tersebut ke pemerintah pusat melalui Mendagri. "Gubsu jangan lagi ragu-ragu mengajukan ketiga nama tersebut. Lebih cepat lebih baik, agar Sekdaprovsu tidak dijabat Plh (pelaksana), ketika nantinya masa pensiun Hasban Ritonga tiba,” ujar Nezar sembari berharap kepada Gubsu untuk segera menyeleksi calon-calon Sekdaprovsu untuk diajukan ke pemerintah pusat melalui Mendagri. Hal ini sangat penting, lanjut Nezar, agar komunikasi Pemprovsu dengan DPRD Sumut tidak tersumbat dan buntu, sebab jabatan Sekdaprovsu merupakan “jantungnya” pemerintahan di provinsi, sekaligus sebagai mediator eksekutif dengan legislator dalam menjalankan roda pembangunan di Sumut.

Berkaitan dengan itu, anggota dewan Dapil I Kota Medan itu berharap kepada Gubsu untuk segera mengajukan calon Sekdaprovsu yang diyakini benar-benar fleksibel dan cekatan dengan semua pihak. "Calon Sekdaprovsu yang diajukan hendaknya sosok panutan di kalangan birokrasi atau ASN (aparatur sipil negara) di lingkungan Pemprovsu,” katanya. Sementara itu, anggota Fraksi Demokrat DPRD Sumut Muhri Fauzi Hafiz berharap Sekdaprovsu ke depan benar-benar menjalankan peran strategisnya sebagai penyeimbang dalam hubungan tata kelola pemerintahan di Sumut. Bisa sebagai penghubung harmonisasi antara eksekutif dan legislatif serta masyarakat.

Memasuki usia pensiunnya Hasban Ritonga menjadi perhatian berbagai pihak, terutama kalangan anggota legislatif. "Dewan berharap Sekdaprovsu ke depan harus lebih baik dan mampu menjalankan tugasnya menjalin harmonisasi antara eksekutif dan legislatif, demi peningkatan pembangunan di daerah ini,” ujar Muhri. Untuk itu Muhri berharap rekrutmen calon Sekdaprovsu kali ini harus seiring dengan proses lelang jabatan ASN di jajaran Pemprovsu. "Kita berharap Gubsu segera mengajukan tiga nama calon Sekdaprovsu yang benar-benar terbaik dan paling berpengalaman di birokrasi," katanya. (UJ)

26°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 85%

Wind: 6.44 km/h

  • 13 Nov 2018 29°C 23°C
  • 14 Nov 2018 26°C 22°C

Banner 468 x 60 px