Log in

Biaya Pemakaian Dapat Terukur, LPJU Harus Gunakan Sistem Meterisasi

Iluatrasi Iluatrasi

Medan-andalas Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP) Kota Medan disarankan agar menggunakan sistem meterisasi terhadap penggunaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). Sebab, banyak LPJU yang padam namun biayanya tetap dibebankan kepada masyarakat melalui pembayaran rekening listrik.

"Sebaiknya gunakan meterisasi saja untuk LPJU di Kota Medan. Sehingga, biaya pemakaian dapat terukur. Apalagi banyak lampu jalan yang tak berfungsi, tapi tetap dibayar masyarakat melalui Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebesar 7 persen dari rekening listrik," ungkap anggota Komisi D DPRD Medan, Parlaungan Simangunsong, kepada wartawan, kemarin.

Dia menilai, saat ini perhitungan pembiayaan penggunaan LPJU tidak sesuai lantaran banyak lampu jalan yang tidak berfungsi. Seharusnya, lampu yang padam dihitung.

"Jadi kalau pakai meterisasi, kita tau yang digunakan dan biayanya. Pemakaian meteran untuk LPJU sudah kita usulkan, tapi belum terealisasi,'' imbuhnya.

Politisi Fraksi Partai Demokrat DPRD Medan itu juga mengakui, bila Pemko Medan melalui Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP) menggunakan sistem tersebut, akan mendapat retribusi dari penggunaannya. Pasalnya, tarif listrik LPJU merupakan tarif sosial bukan tarif usaha.

"Bila digunakan sistem meteran, tentu akan mengurangi biaya yang dibebankan. Dan sisanya dapat dimasukan ke dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tambahnya.

Disisi lain, Parlaungan mengapresiasi pendataan LPJU yang dilakukan DKP Kota Medan dengan PLN Area Medan. Namun, kinerja terhadap pemasangan dan perbaikan lampu jalan yang dilakukan DKP Kota Medan harus lebih baik lagi. (THA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px