Logo
Print this page

ASN Kemenag Sumut Didorong Tingkatkan Kapabilitas Diri


Medan-andalas Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Tohar Bayoangin mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kanwil Kemenag Sumut untuk meningkatkan kapabilitas diri dengan meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Kerjasama antara Kanwil Kemenag Sumut dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut dan Pemberian Penghargaan dari USAIDPrioritas di Aula Kanwil Kemenag Sumut, Kamis (8/6). Seiring dengan membaiknya sistem pelaporan di Kanwil Kemenag Sumut,  katanya, peningkatan mutu sumber daya manusiajuga kini sedang digenjot. "Makanyakerjasama kita jalin dengan universitas. Jangan sampai ada stigma ASNdipersulit untuk melanjutkan perkuliahan, terutama di UIN," ujarnya.

Dalamkegiatan itu, Tohar juga mengungkapkan, opini WTP merupakan yang pertama sekali didapatkan Kanwil Kemenag Sumut dalam 12 tahun terakhir. Bahkan, penghargaan ini menempatkan Kanwil Kemenag Sumut sebagai yang terbaik secara nasional. "Kemarin sore (Rabu,7/6), saya menerima langsung penghargaan dari Menteri Agama sebagaiLaporan Keuangan Terbaik secara nasional," ujarnya dalam kegiatanKerjasama antara Kanwil Kemenag Sumut dengan Universitas Islam Negeri (UIN)Sumut dan Pemberian Penghargaan dari USAID Prioritas di Aula Kanwil KemenagSumut, Kamis (8/6).

Direktur Pascasarjana? UIN Sumut Prof Syukur Cholid MA menyatakan selama ini banyak ASNyang tidak mendapat izin kuliah dari pimpinan. Untuk itu, dorongan dari KanwilKemenag Sumut tentunya harus dimanfaatkan sebaik mungkin."Pascasarjana siap membuka kelas malam untuk mendukung ASN yang ingin meningkatkan pendidikan," katanya. Apalagi,  potensi ASN cukup tinggi sehingga diharapkandalam waktu singkat bisa selesai pendidikan. Pascasarjana UIN Sumut, juga diminta rektor untuk menggenjot jumlah mahasiswa di tahun ini. Karenanya, jika tahun sebelumnya hanya maksimal 400 mahasiswa baru yang diterima, tahun ini tambah 25%, sekitar 500 mahasiswa baru yakni 370 untuk jenjang S2 dan 130 untuk mengambil gelar doktor.

"Oleh sebab itu kita serius menjalin  kerjasama dengan institusi, terutama pemerintahan agar mengizinkan pegawainya meningkatkan kualitas diri dengan melanjutkan pendidikan," ujarnya. Sementara DirekturUSAID Prioritas, Agus Marwan juga menyambut baik akses pendidikan yangdiberikan Kemenag Sumut. Untuk peningkatan kapabilitas sumber daya manusia, sejakOktober 2012 sudah menjalin kerjasama dengan Kemenag dan akan berakhir Juni2017. USAID Prioritas sudah melatih sekitar 33 ribu guru madrasah, memberikan manfaat pendidikan pada hampir 800 ribu mahasiswa dan menghibahkan 1,2 jutabuku bacaan untuk siswa. "Kita juga mengembangkan program literasi di Sumut.  Diharapakan yang telahdilakukan USIAD dapat mendorong madrasah mengembangkan program baca tulis agar lebih baik," katanya. (YN)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com