Log in

Anggota DPRDSU M Faisal : Wajib Masker Jangan Sebatas Imbauan

Muhammad Faisal Muhammad Faisal

Medan-andalas Kewajiban menggunakan masker bagi seluruh masyarakat Indonesia hendaknya jangan hanya sebatas imbauan, tetapi harus disertai dengan adanya ketersediaan serta pendistribusian masker kepada rakyat Indonesia. Sebelum imbauan disampaikan, seharusnya masker-masker tersebut sudah dibagikan kepada masyarakat.

Anggota Komisi E DPRD Sumut dari Fraksi PAN, Muhammad Faisal mengemukakan hal itu kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (6/4). Pihaknya sendiri sebagai wakil rakyat sudah melakukan pembagian masker kepada masyarakat di Amplas, Sukaramai dan sejumlah tempat lainnya.

Menurut Faisal, dirinya sebagai wakil rakyat, sering menerima keluhan masyarakat seputar sulitnya mendapatkan alat pelindung diri (APD), baik itu masker maupun hand sanitizer. "Dan kalaupun bisa didapatkan, harganya sudah melonjak di atas harga pasaran yang berlaku selama ini,"katanya.

Terkait dengan munculnya berbagai keluhan di tengah masyarakat, Faisal mengimbau pemerintah pusat dan daerah supaya lebih fokus dalam menangani semakin meluasnya penyebaran Covid-19 beserta dampak sosial yang ditimbulkannya. "Wacana dan imbauan yang disampaikan pemerintah hendaknya disertai dengan dukungan riil di lapangan," harapnya.

Contohnya, kata Faisal imbauan seputar kewajiban menggunakan masker misalnya, seharusnya dibarengi dengan adanya kemudahan memperoleh masker di apotek atau tempat lainnya, dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Pada bahagian lain Faisal menyoroti adanya anggaran Rp100 miliar di Pemprovsu yang dialokasikan untuk penanganan permasalahan Covid-19. "Diharapkan anggaran yang ada ini benar-benar dioptimalkan untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan,"kata politisi muda yang vokal dan merakyat ini.

Sementara itu, berkaitan dengan rencana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah masyarakat, Faisal berharap supaya bisa mengeluarkan regulasi, agar para pekerja tidak mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan nanti tetap menerima THR lebaran.

Sedangkan khusus kepada masyarakat yang menggantungkan harapan hidup dari pekerjaan harian, seperti supir angkot, ojek online, buruh harian, tukang becak, dan sejenisnya, hendaknya bisa mendapatkan perhatian ekstra dari pemerintah pusat dan daerah. Yakni dengan memberikan jaringan pengaman sosial dan pemberian bantuan sembako secara rutin. (uj)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C