Log in

8.433 Calhaj Sumut Tunaikan Haji,Waiting List 14 Tahun


Medan-andalas Sebanyak 8.433 Calon Haji (Calhaj) Sumatera Utara akan menunaikan ibadah haji tahun 1439 H/ 2018 M yang tergabung dalam 22 kloter. "Sepanjang tahun dengan waiting list sebanyak 114.450 orang dengan masa tunggu keberangkatan 14 tahun," kata Plt Kakanwil Kemenag Sumut T. Darmansah yang juga dilantik sebagai Ketua PPIH pada Pelantikan Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) embarkasi  Medan dan meal test, Selasa (10/7) di aulau asrama haji  Medan. Direktur pelayanan haji dalam negeri Ahda Barori menyampaikan, beberapa kebijakan terbaru tahun ini. Pertama, pelimpahan kuota bila dinyatakan berangkat sampai kuota terakhir, calon jemaah haji meninggal. Maka bisa digantikan ahli waris dengan nomor kuota yang bersangkutan tinggal mengganti biodata, tanpa harus menunggu dan bila sudah melunasi ongkos haji. "Tahun ini ada 132 orang yang menggantikan berangkat," katanya.

Selain itu, lanjutnya, dengan sistim kontak elektronik dalam hal kontrak pelayanan di Arab Saudi baik akomodasi, catering, pelayanan di Arafah, Musdalifah dan Minah. Pembayaran langsung dilakukan pada kementerian haji yang juga akan membayar langsung pada pemilik hotel, catering dan makhtab makhtab. "Ada 167 ribu yang sudah diunduh dari seluruh embarkasi," sebut Barori. Ia juga menyampaikan untuk koper jamaah berat maksimal 32 kg dan berat tas tinting maksimal 7 kg. Pemberangkatan Calhaj di Indonesia, gelombang pertama mulai 17 sampai 29 Juli tujuan bandara Madinah (13 hari). Gelombang kedua berangkat mulai 30 Juli sampai 15 Agustus tujuan bandara Jeddah (17 hari).

Pemulangan gelombang pertama mulai 27 Agustus sampai 15 September dari bandara Jeddah (13 hari). Gelombang kedua mulai 9 sampai 25 September dari Madinah (17 hari). "Ada 13 embarkasi dengan 206.530 jemaah calon haji dalam 507 flight. Kementerian agama juga sudah mengirimkan 7 ton obat obatan ke Arab Saudi untuk persiapan pelayanan kesehatan pada jemaah haji," katanya. Sementara Penjabat Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Eko Subowo melantik Pantiia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Tahun 1439 H/ 2018. Pj Gubsu berharap semoga tugas yang di emban bisa dilaksanakan dengan baik serta mampu memberikan pelayanan yang berkualitas bagi seluruh jemaah calon haji Provinsi Sumatera Utara.

“Pelayanan ibadah haji tahun ini harus lebih dari tahun-tahun sebelumnya. Kesempatan saudara-saudara kita untuk menunaikan ibadah haji tahun ini hendaknya bisa dilaksanakan dengan nyaman, aman, mudah dan lancar,” harapnya. Eko Subowo menyampaikan, dengan pelaksanaan ibadah haji yang baik, jemaah calon haji dari Provinsi Sumatera Utara akan memperoleh haji yang mabrur, dan dengan haji yang mabrur semoga bumi Sumatera Utara semakin berkah dan mendapat Rahmat dari Allah SWT. “Pelayanan di Embarkasi/Debarkasi haji adalah kegiatan yang sangat penting karena akan memberikan kesan pertama yang dalam kepada jemaah haji tentang proses penyelenggaraan haji dan bahkan merupakan cermin dari kualitas pelayanan haji di tanah air,” tegasnya. Hadir pada acara tersebut Kabid Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kanwil Kemenagsu Muslim, Kakankemenag dan Kasi Penyelenggara Ibadah Haji kabupaten/kota se Sumatera Utara serta undangan lainnya. (YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 85%

Wind: 11.27 km/h

  • 20 Jul 2018 30°C 24°C
  • 21 Jul 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px