Log in

72 RS Ajukan Klarifikasi Penurunan Kelas


Medan-andalas 72 rumah sakit (RS) di Provinsi Sumatera Utara masuk dalam daftar list penurunan kelas (type), seluruhnya melakukan langkah klarifikasi. Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumut dr Azwan Hakmi Lubis menyampaikan, klarifikasi telah selesai dilakukan, Senin (12/8) kemarin.

"Kan ada 72 rumah sakit. Kesemuanya melakukan klarifikasi atas penurunan kelas ini," katanya, Selasa (13/8) di Medan.

Namun, lanjutnya, meski klarifikasi telah diambil, tetapi penetapan penurunan kelas terhadap rumah sakit, masih belum dilakukan. Penetapannya masih membutuhkan waktu beberapa pekan kedepan.

"Setelah ini baru final, apakah memang ada yang turun kelasnya atau tidak," ujarnya.

Azwan menjelaskan, kendati ada beberapa dari 72  rumah sakit itu diberikan tanda bintang berupa pembinaan, klarifikasi itu tetap dilakukan. Begitu pula, ada juga rumah sakit yang tidak masuk dalam daftar penurunan kelas ini, juga ikut melakukan langkah klarifikasi.

"Hal ini kan supaya bisa diketahui ada yang salah atau tidak. Soalnya selama ini mereka berpikir sudah lengkap, ternyata kan tidak," terangnya.

Sementara itu, berdasarkan data diperoleh, dari 72 rumah sakit itu, Kota Medan menjadi Kota terbanyak yang rumah sakitnya diduga terancam turun kelas mencapai 21 unit. Kemudian disusul Deli Serdang delapan rumah sakit, Asahan empat rumah sakit, dan Simalungun empat rumah sakit.

Sedangkan sisanya hanya terdiri dari satu sampai tiga rumah sakit saja. Dari jumlah tersebut, sebanyak 30 rumah sakit diberikan tanda bintang, dimana Kota Medan sendiri, hanya terdapat 8 rumah sakit saja yang memiliki tanda bintang tersebut.(YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px