Log in

50 Paper Dosen UISU Ikuti Konferensi Internasional

Rektor UISU Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, MSi (kanan) berbincang dengan narasumber Conference Multidisiplinary Research (ICMR) ke-7 di Aula Fakultas Kedokteran UISU Jalan STM Medan. Rektor UISU Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, MSi (kanan) berbincang dengan narasumber Conference Multidisiplinary Research (ICMR) ke-7 di Aula Fakultas Kedokteran UISU Jalan STM Medan.

Medan-andalas Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, MSi, Rabu (5/9) membuka pelaksanaan Internasional Conference Multidisiplinary Research (ICMR) ke-7 yang digelar di Aula Fakultas Kedokteran UISU  Jalan STM Medan.  UISU kembali menjadi tuan rumah dalam konrefensi internasional yang digagas UISU bersama Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Universiti Utara Malaysia, Universiti Sains Malaysia, dan Universitas Hasanuddin Makassar. Hadir dalam acara pembukaan, Ketua Pembina UISU, T. Hamdy Oesman Delikhan Al Hajj, Pembantu Rektor UISU, Dr. Liesna Nadrinay, MPD, Dra. Asnawati Matondang MSP, dan Prof. Efendi Barus, Ph.D, ketua lembaga,  dekan dan dosen di lingkungan UISU. Rektor UISU Mhd Asaad mengatakan, kegiatan ICMR ini merupakan wadah bagi seluruh dosen dan peneliti yang ada di UISU untuk bertukar informasi dan pengetahuan dengan dosen-dosen dari dan dan luar negeri.

“Dosen tidak hanya punya kewajiban mengajar, tetapi juga harus melakukan penelitian untuk diterbitkan dalam jurnal yang memiliki reputasi internasional,”ujar Rektor kepada wartawan di sela-sela konferensi. Didampingi Ketua Panitia Prof Nurhayati, Pembantu Rektor Bidang Akademik, Dr. Liesna Andriany, MPd dan pimpinan lembaga di UISU, rector menjelaskan,  dalam ajang ICMR kali ini, jumlah makalah yang dipresentasikan sebanyak 158 paper. “50 di antaranya paper dari dosen UISU. Sisanya berasal dari kampus dalam dan luar negeri,”ujarnya.

Menurut rektor, konferensi internasional ini merupakan ajang bagi dosen UISU untuk meningkatkan kualitas SDM. “Setiap dosen punya kewajiban untuk meneliti dan konfrensi ini adalah momen untuk dosen menyampaikan hasil penelitiannya,” tegasnya. Sedangkan secara institusi, katanya, pelaksanaan ICMR ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan akreditasi perguruan tinggi. Ketua Panitia Prof Nurhayati menjelaskan, selian 50 makalah dari UISU, 20 makalah berasal dari USM Malaysia dan sisanya berasal dari peserta lain dalam dan luar negeri.  Makalah tersebut katanya, berasal dari beragam disiplin ilmu baik sosial, teknik dan kesehatan.

Pelaksanaan ICMR ini, tambahnya, dilaksanakan sehari penuh. Tampil sebagai kjynote speaker Assoc.Prof. M Farizal Rajemi Ph.D dari Universiti Utara Malaysia, Dr. dr. Safrizal Rahman, M, Kes, Sp.OT dari Unsyiah, Dr. Mohd. Faiz Hilmi dari USM Malaysia, Mohd. Nasir Badhu pH.D dari Universitas Hasanuddin Makassar dan Prof. Dr. Ir. Basyaruddin MS dari UISU. Untuk sesi kedua, tampil sebagai pemateri, Dr. Piruthivi Sukumar dari Universitas Leeds, United Kingdom dan Dr. Jonathan Tennant dariSicience Open Communication Direktor, United Kingdom. Selanjutnya acara dilancjutkan dengan sesi paralel untuk disiplin ilmu Sciences dan Enginerring, Helath and life science, serta social science. (HAM)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 26°C 22°C
  • 16 Nov 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px