Log in

48 Wartawan Sumut Dinyatakan Kompeten

Uji Kompetensi Wartawan yang digelar PWI Sumatera Utara, 48 wartawan dari berbagai daerah Sumatera Utara dinyatakan lulus dan kompeten. Uji Kompetensi Wartawan yang digelar PWI Sumatera Utara, 48 wartawan dari berbagai daerah Sumatera Utara dinyatakan lulus dan kompeten.

Medan-Andalas Dari 60 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW)  yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, 48 wartawan dari berbagai daerah Provinsi Sumatera Utara dinyatakan lulus dan kompeten, sedangkan 12 orang dinyatakan gagal. Pelaksanaan UKW Angkatan XV yang berlangsung di Hotel Emerald Garden Medan selama dua hari, Rabu-Kamis kemarin terbagi tiga tingkatan.Tingkatan UKW Utama diikuti 12 orang, UKW Madya 6 orang dan UKW Muda sebanyak 42 orang. "Hasil UKW yang kita laksanakan selama dua hari  dari 60 peserta yang ikut, dinyatakan kompeten sebanyak 48 orang,"kata Penguji UKW PWI Pusat Uyun Achadiat saat mengumumkan hasil UKW tersebut, Kamis (6/9).

Sementara itu, Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun menilai, hasil UKW yang berhasil mengumpulkan 48 peserta yang dinyatakan kompeten tidak jauh dari rata-rata nasional atau dengan pencapaian 80 persen. "Problem utama  dalam mengikuti  UKW adalah kesiapan mental peserta, yang sudah kompeten saja terkadang grogi dan gugup.Ini artinya tidak terbiasa menghadapi ujian,"kata Hendry saat menutup kegiatan UKW. Bagi peserta yang belum kompeten, Hendry berpesan, agar tidak berkecil hati dan patah semangat karena kesempatan untuk mengikuti UKW masih terbuka lebar untuk mereka. Hendry menambahkan, UKW bagi para wartawan sebenarnya hanya mengkonfirmasi apakah diri kita sudah mencapai tahap yang diharapkan, baik itu untuk peserta tingkat utama, madya maupun tingkat muda.

Sebelumnya Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE menyampaikan,  bagi peserta UKW yang belum kompeten hal ini bukan berarti kiamat.Sebab masih banyak peluang lagi bagi para peserta karena bulan November ada dua pihak swasta telah komitmen akan  melaksanakan UKW.  "UKW sebagai ujicoba kemampuan kita sejauh mana tekad dan harapan kita untuk kompeten,"tutur Hermansjah.(Siong)  

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Partly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 19 Sep 2018 31°C 21°C
  • 20 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px