Log in

Uji Coba Timnas U-22, Indra Sjafri Ingin Hadapi China

Ezra Walian belum bergabung ke skuat Timnas Indonesia U-22. Ezra Walian belum bergabung ke skuat Timnas Indonesia U-22.

Jakarta-andalas Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terus berkomunikasi dengan Asosiasi Sepak Bola China (CFA) terkait rencana uji coba tim nasional U-22 kedua negara.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan, topik utama pembicaraan kedua organisasi adalah lokasi pertandingan. "Kami sedang berkomunikasi, apakah Timnas kita yang bertandang ke sana atau mereka yang datang dan berlaga di sini," ujar Ratu Tisha.

Menurut dia, PSSI berupaya agar laga itu terwujud mengingat turnamen Piala AFF U-22 2019 akan bergulir mulai 17 Februari hingga 2 Maret 2019 di Kamboja.

Pemilihan China sebagai lawan tak lepas dari permintaan Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri yang ingin menghadapi China atau selevelnya serta satu klub Indonesia dalam laga persahabatan sebelum berangkat ke Kamboja.

"Untuk lawan dari klub, kami pastinya menargetkan untuk menghadapi dari tim Liga 1. Kami berharap klub itu nantinya menurunkan para pemain terbaik agar timnas U-22 Indonesia semakin meningkat kemampuannya," tutur Ratu Tisha.

Meski demikian, sama seperti kabar dengan China, PSSI juga belum dapat memutuskan klub mana yang akan dihadapi. Timnas U-22 sendiri tengah menggelar pemusatan latihan sekaligus seleksi untuk menentukan tim yang akan bertanding di Piala AFF 2019.
Di turnamen itu, Indonesia bergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, Singapura dan tuan rumah Kamboja.

Sementara itu, di hari kelima pemusatan latihan timnas Indonesia U-22 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Ezra belum juga terlihat. Selain dia, dua pemain yang merumput di luar negeri, Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani, juga masih absen.

Indra mengaku sudah berusaha memanggil Ezra untuk mengikuti pemusatan latihan. Namun, pemain RKC Waalwijk belum memberikan kepastian kapan akan datang.

"Dia sedang mengikuti pre-season di sana dan kami sudah berkomunikasi mengatur kapan sebaiknya bergabung. Sudah jelas mereka memiliki kontrak di sana, pemusatan latihan ini juga bukan seleksi. Hanya mencari pemain yang cocok untuk rencana yang sudah dicanangkan," kata Indra, Jumat (11/1).

Namun terkait kemungkinan terburuk Ezra tak akan datang, Indra akan berusaha memaksimalkan pemain yang ada khususnya di lini depan. Peluang memanggil pemain baru terbuka lebar.

"Kalau tidak mendapatkan izin tiga penyerang sudah cukup. Kalau Ezra tidak datang, tidak masalah. Minggu ini sampai minggu depan selesai untuk mencari pemain. Setelah itu, kami mulai persiapan Piala AFF, Kualifikasi Piala AFC, dan SEA Games," tegas Indra.

Dalam daftar 38 pemain yang dipanggil, ada empat pemain lainnya yang berposisi sebagai striker. Mereka adalah Marinus Wanewar (Bhayangkara FC), Beni Oktaviansyah (Kalteng Putra), Dimas Drajad, (PS Tira) dan Septian Satria Bagaskara (Persik Kediri).

Ezra sebelumnya sempat kembali ke Indonesia pada awal Januari 2019. Namun, pemain berusia 21 tahun itu sudah kembali ke Belanda karena klubnya bermain pada 13 Januari setelah libur musim dingin. (ANT/DTK)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px