Logo
Print this page

Tour de Sinabung VI, Bupati Karo dan Danbrigif 7/RR Bangga dengan Antusias Peserta

Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Danbrigif 7/Rimba Raya Letkol Inf Agustatius Sitepu, Wakapolres Kompol Efendy Situmorang, Panitia Pelaksana Hanna Br Bangun dan sejumlah OPD Pemkab Karo saat sebelum pelepasan peserta. Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Danbrigif 7/Rimba Raya Letkol Inf Agustatius Sitepu, Wakapolres Kompol Efendy Situmorang, Panitia Pelaksana Hanna Br Bangun dan sejumlah OPD Pemkab Karo saat sebelum pelepasan peserta.

Kabanjahe-andalas Sektor pariwisata di Kabupaten  Karo merupakan salah satu potensi unggulan untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di samping pertanian dan sektor lainnya. Pariwisata Kabupaten Karo sudah lama dikenal di manca negara, sangat unik dan menarik, terdiri dari pemandangan alam serta budaya.

Untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan, sangat dibutuhkan kehadiran even-even wisata berkelas maupun atraksi budaya. Begitu juga dengan Tour de Sinabung diharapkan mendongkrak sport tourism di Karo, karena diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

Hal itu disampaikan Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Danbrigif 7/RR Letkol Inf Agustatius Sitepu, Wakapolres Kompol Efendy Situmorang, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Kepala Dinas Kesehatan Drg Irna Safrina Meliala, Kadispora Robert Peranginangin, sebelum pelepasan gowes sebanyak 2.400 orang peserta, di Siosar “Negeri Diatas Awan” Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Minggu pagi (15/9).

Ber-sepeda dengan "Tour De Sinabung VI Tahun 2019” even nasional yang masuk dalam Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata, sebelumnya sudah dilaksanakan lima kali berturut turut dalam lima tahun, mengusung misi mempromosikan objek wisata Kabupaten Karo.

“Setiap tahun dihelat dengan lokasi dan route yang berbeda atau berpindah tempat. Kali ini peserta yang dilibatkan panitia dalam Tour De Sinabung VI, cukup fantastis, diikuti 2400 peserta meningkat jauh dibanding even yang sama di tahun 2018 dengan jumlah 1800 peserta,” ujar Bupati Karo.

Terkelin Brahmana mengapresiasi Tour De Sinabung dan  membuat ikon wisata  semakin menarik, atraktif dan berfariasi. Apalagi peserta gowes yang ikut ambil bagian berasal dari berbagai kalangan, terdiri dari beragam profesi dan pekerjaan, sekaligus memperkenalkan dan mempromosikan Kabupaten Karo memiliki banyak potensi objek pariwisata  yang menarik didukung udaranya yang sejuk.

Untuk itu dengan kehadiran para pegowes (bersepeda ria) setiap route yang dilalui mempunyai keindahan alam mulai start dari Desa Sioasar yang dijuluki “Negeri Diatas Awan” hingga finish di bibir Danau Toba, Tongging.

"Selain itu, kita bangga dan salut kepada panitia Hanna Br Bangun. Peserta dua ribuan orang mulai dari Aceh, Riau, Sumatera Barat, Binjai, Deliserdang, Malaysia. Oleh sebab itu even ini harus kita tingkatkan dan kemas lebih baik lagi di tahun mendatang demi terciptanya, slogan "satu sepeda, sejuta saudara”, Ayo gowes! demi kesehatan," ujar Bupati.

Sementara Danbrigif 7/Rimba Raya Letkol Inf Agustatius Sitepu mengaku, personil di jajarannya ikut ambil bagian memeriahkan acara Tour De Sinabung VI. Bahkan saat dia menjabat Dandim 0205/TK juga ikut berpartisipasi sekaligus mendukung even wisata yang sudah terdaftar dalam Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata.

“Iya, ada tim pegowes dari Yonif 125/Simbisa dan Yonif 121/Macan Kumbang, tim ini dipimpin langsung Danyonif 125/Smb, Mayor Inf Anjuanda Pardosi,” ucapnya.

Dikatakannya, keikutsertaan anggotanya disamping tujuan  memeriahkan acara even bergengsi tersebut juga mendukung  program  Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata tahun 2019, disamping itu melatih mental prajuritnya dalam menaklukkan tantangan alam yang dilalui.

Sementara itu, Ketua Panitia Hanna Br Bangun menjelaskan, rute yang akan dilalui peserta yakni untuk jalur sepeda MTB mengambil garis start di Siosar-Partibi Tembe-Naga Lingga-Aek Popo-Gajah Bobok-Sapo Juma-Tongging (finish). Rute ini berjarak sekitar 29 Km dimana sebagian rute ada yang off road dan sebagian on the road.

Sedangkan jalur sepeda Onthel start di dusun atas desa Sibolangit dan finish di Tongging. "Event ini juga akan memperkenalkan seni dan budaya Karo serta kuliner Karo. Panitia tour de Sinabung akan menyelenggarakan malam pentas rakyat sebagai hiburan yang akan menampilkan musik dan tarian Karo," ujarnya. (RTA)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com