Log in

Sumut Masuk Final Piala Pertiwi


Jakarta-andalas PSSI memastikan bakal menggelar putaran final Piala Pertiwi 2019 pada 24 April-3 Mei. Rencananya, ada 12 tim yang bakal berlaga di putaran final nanti, yang terbagi dalam tiga grup. Empat tim harus melalui jalur play-off terlebih dahulu, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera Selatan. Nantinya, keempat tim itu akan memperebutkan jatah dua tiket ke putaran final.

Babak play-off akan digelar di Sawangan, 21-23 April 2019 dan setiap pertandingan berdurasi 2x30 menit. Sementara itu, sepuluh tim sudah memastikan tempat di putaran final yaitu Sumatera Utara, Jawa Timur, Banten, Jawa Barat, Bengkulu, Bali, DKI Jakarta, Papua, Sulawesi Selatan dan Bangka Belitung.

"Kami berharap dengan bergulirnya kompetisi ini nantinya bisa memberikan kesempatan bagi para pemain sepakbola wanita memiliki wadah bermain secara reguler dengan tentunya menjaga kualitas kompetisi," kata  Danurwindo, direktur teknik PSSI seperti dilansir laman resmi PSSI.

Ia juga menyampaikan, dengan makin banyaknya kompetisi sepakbola wanita yang bagus ke depannya, pemain wanita kita juga terasah kemampuannya. Hal ini bisa membantu klub dan sebagai muara kerangka pembentukan tim nasional sepakbola wanita di masa mendatang.

"Selain itu, para pemain sepakbola wanita dituntut kemampuan, teknik, skill, kecerdasan, dan fair-play sejak dini," katanya. Sementara, laga antara Daerah Istimewa Yogyakarta kontra Sumatera Selatan membuka babak play off Piala Pertiwi 2018 yang bertepatan dengan hari Kartini, yang berlangsung di Lapangan NYTC, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Minggu (21/4).

Demi memperebutkan 2 tempat di gelaran Final Piala Pertiwi, kedua skuat beradu sengit sejak peluit kick off dibunyikan. DIY membuka keunggulan terlebih dulu di menit ke-3 melalui aksi Dewi Tia. 7 menit berselang, skuat asal kota Gudeg ini menggandakan keunggulan melalui Fitria Nur, yang kembali memaksa kiper Sumatera Selatan, Thasza Amelia memungut bola dari sarangnya. Defisit 2 gol di awal babak pertama membuat skuat Sumatera Selatan merespon. Hasilnya, pada menit ke-11, sepakan Octavianti Dwi mampu menembus gawang DIY dan menipiskan selisih skor menjadi 2-1. 4 menit berselang, Sumsel menyamakan papan skor menjadi 2-2, setelah gol yang dicetak Sabrina Mutiara tak mampu dibendung kiper DIY, Vera Lestari. Namun lagi-lagi DIY menambah perolehan angka di masa injury time melalui sepakan Anggi dan unggul 3-2. Satu-satunya gol di babak kedua akhirnya dicetak pemain Sumsel, Febriana Kusuma tepatnya pada menit ke 45, yang menjadi skor akhir dari laga ini yakni 3-3.

Sedangkan di babak playoff kedua yang mempertemukan Jawa Tengah dan NTB, tim asal Jateng mampu memenangkan pertandingan dengan skor meyakinkan 6-0. Jateng membukukan 6 gol melalui aksi Nadia Putri pada menit 17, hattrick Risqi Yanti pada 22, 31, dan 34, Annisa Salsabila pada menit 28 dan Fitriani pada menit 55. Laga babak playoff masih menyisakan 4 pertandingan lagi sebelum penentuan 2 tim terakhir yang akan melaju ke Putaran Final.(GSC/PSSI)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px