Log in

Senegal dan Maroko Menang


Favorit Juara Piala Afrika

Favorit juara Piala Afrika Maroko dan Senegal sama-sama berhasil amankan tiga poin di laga pembuka mereka di grup D. Gol bunuh diri di menit-menit terakhir memberi Maroko kemenangan tipis 1-0 atas Namibia di Piala Afrika. Sebuah hasil yang kurang meyakinkan bagi sang favorit juara tahun ini.  Kemenangan itu menempatkan Maroko di puncak klasemen sementara grup dengan perolehan tiga poin sedangkan Namibia di urutan terbawah tanpa poin.

Sementara itu di laga lainnya, Senegal yang tampil tanpa Sadio Mane akibat hukuman skors berhasil memperkuat status mereka sebagai salah satu favorit dengan kemenangan meyakinkan 2-0 atas Tanzania di Stadion 30 Juni, Kairo, Senin (24/6) dinihari WIB. Dengan hasil ini, negara yang tampil baik pada Piala Dunia 2018 lalu berhasil puncaki klasemen grup C. Di partai grup C lainnya, Aljazair terus mengikuti jejak Senegal di puncak Grup C dengan kemenangan 2-0 atas Kenya.

Kamerun VS Guinea

Sementara itu, salah satu kekuatan klasik Benua Hitam, Kamerun akan melakoni pertandingan pertamannya di Piala Afrika 2019 melawan Guinea-Bissau, Rabu (26/6). Kamerun yang bermaterikan beberapa pemain yang malang melintang di benua Eropa, rasanya tak akan kesulitan untuk menaklukan Guinea-Bissau. Pemain-pemain seperti Kana-Biyik, Mandjeck hingga penyerang yang kini bermain di PSG Choupo-Moting jelas jaminan utama bahwa Kamerun tak akan kesulitan untuk mengamankan tiga poin perdananya.

Selain materi pemain, catatan cukup bagus Kamerun di lima pertandingan terakhirnya juga bisa menjadi tolok ukur. Kamerun hanya kalah dua kali, disaat tiga pertandingan lainnya berakhir kemenangan. Salah satunya ketika menang besar 11-0 melawan Alcoron. Semakin meyakinkan buat Kamerun, karena sang calon lawan Guinea-Bissau tak juga terlihat memiliki modal yang baik. Guinea-Bissau hanya sekali menang dari lima laga terakhirnya, yakni ketika melawan Zambia di November 2018.

Ghana Lawan Benin

Duel seru akan tersaji di laga perdana Grup F Piala Afrika 2019 antara Ghana vs Benin, pada Rabu (26/6) malam WIB. Bermain di Stadion Ismailia, Mesir, kedua tim mengincar kemenangan perdana untuk modal kepercayaan diri di laga selanjutnya. Sebab, di setiap turnamen pertandingan itu cukup menentukan untuk langkah selanjutnya.

Meski keduanya mempunyai kans menang, namun Ghana lebih diunggulkan di atas kertas karena materi pemain yang jauh lebih berkualitas karena banyak dihuni pemain yang merumput di Eropa. Sebut saja nama-nama seperti Andre Ayew (Fenerbahche), Christian Atsu (Newcastle United), Jordan Ayew (Crystal Palace), dan Kwadwo Asamoah (Inter Milan).

Mereka diharapkan mampu tampil maksimal, karena jadi tulang punggu skuat asuhan Milovan Rajevac untuk bisa berbicara banyak di turnamen terbesar antara negara di Benua Afrika itu. "Kami datang ke Mesir untuk juara. Karena itu sudah menjadi dambaan semua warga Ghana. Kami sudah 37 tahun tak merasakan jadi yang terbaik di Afrika, meski banyak pemain-pemain berbakat. Jika kami kembali gagal (jadi juara), maka akan ada banyak pemain-pemain hebat yang pensiun,” kata Christian Atsu. (Bein/dtc)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px