Log in

Sejumlah Politisi Golkar Dukung Prabowo-Sandiaga


Jakarta-andalas Sejumlah politisi Partai Golkar menggalang dukungan untuk pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Mereka menyebut kumpulannya dengan nama GoPrabu (Golkar Prabowo-Uno).

Padahal Golkar telah menetapkan sikap resmi untuk mendukung pasangan calon nomor urut 1 Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Salah satu koordinator GoPrabu Cupli Risman mengatakan ia dan sejumlah politisi Golkar yang bergabung ke dalam GoPrabu menilai elektabilitas Golkar setelah resmi mendukung Jokowi saat ini mengkhawatirkan.

Apalagi, kata Cupli, di beberapa daerah pemilihan (dapil), sosok Jokowi tak mampu memberikan efek keterpilihan bagi para calon anggota legislatif (caleg).

"Sampai hari ini kan sudah ditetapkan bukan dari Golkar wapres-nya dan ini kalkulasi politik kita tidak menguntungkan bagi caleg-caleg yang bertarung di lapangan di dapil masing masing," ucap Cupli saat dihubungi, Senin (24/9).

"Kalau di daerah tertentu kami bawa Jokowi, Golkar bisa repot. Jadi kami mengambil inisiatif juga untuk merespons grass root. Kami caleg kan supaya terpilih. Kalau kami pro Jokowi kami tak dipilih orang kan kami juga repot kan sebagai caleg," lanjut dia.

Cupli menambahkan sedianya, ia dan rekan-rekannya yang tergabung dalam GoPrabu tak akan mempermasalahkan dukungan kepada Jokowi jika Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang ditunjuk sebagai cawapres. Sebab, jika Airlangga yang menjadi cawapres, ia optimistis elektabilitas Golkar saat ini sudah terkatrol.

Cupli pun menambahkan, sejumlah senior di Golkar juga sudah memberi sinyal jika ia dan sejumlah kader Golkar yang tergabung di GoPrabu menggalang dukungan. Karena itu, nantinya ia akan mematangkan struktur GoPrabu hingga ke daerah-daerah.

"Senior-senior partai sudah memberi sinyal ya, silaturahim Sandiaga ke Aburizal Bakrie, kemudian pertemuan Airlangga dengan Sandiaga di ultah Akbar Tandjung, itu sebenarnya sinyal-sinyal," ucap dia.

"Kami nangkapnya itu sinyal dari elite-elite Golkar sudah mulai memberi keleluasaan kepada kader Golkar khususnya caleg untuk mana yang dimungkinkan secara standing point untuk caleg di dapil masing-masing," lanjut dia.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyatakan, dukungan kepada pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dari sejumlah politisi Golkar tak mewakili partai.

"Wah, saya enggak kenal tuh dengan mereka. Setahu saya mereka bukan pengurus Partai Golkar. Jadi tak bisa mengatasnamakan partai. Apa lagi dari yang terlihat di foto itu hanya dua orang caleg, itupun caleg DPRD dan satu orang caleg DPR RI," kata Ace melalui pesan singkat, Senin (24/9).

Ia mengatakan, seluruh kader Golkar patuh pada keputusan Musyawarah Nasional (Munas) yang memutuskan mengusung Joko Widodo di Pilpres 2019. Ia menjamin, tak ada kader Golkar yang terpengaruh dengan dukungan sejumlah politisi Golkar yang menamakan dirinya GoPrabu (Golkar Prabowo Subianto-Sandiaga Uno).

"Saya kira semua kader Partai Golkar konsisten mendukung Presiden Jokowi. Ini keputusan Rapimnas 2016 dan Munaslub 2017 yang pesertanya DPD Golkar kabupaten dan kota, serta provinsi dan DPP Partai Golkar," kata Ace.

"Jadi kami tidak terpengaruh dengan mereka ini soal dukungan kepada Presiden Jokowi," lanjut dia. (KPC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px