Log in

SEA GAMES 2019: Indonesia Raih 8 Medali


Jakarta-andalas Klasemen perolehan medali SEA Games 2019 terbaru ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut, pada pukul 7.30 waktu Filipina, atau pukul 18.30 WIB, Minggu (1/12). Berdasarkan data itu, tuan rumah masih jauh memimpin dalam perolehan medali. Filipina tercatat sudah meraih 20 medali emas, 10 medali perak dan 5 medali perunggu.

Dengan total jumlah medali sebanyak 35, Filipina menduduki posisi kesatu klasemen dan jauh melampaui 10 peserta lainnya. Vietnam menduduki posisi kedua dengan membukukan perolehan 5 medali emas, 12 perak dan 7 perunggu.

Jumlah total medali yang diperoleh Vietnam sudah sebanyak 24. Di posisi selanjutnya atau ketiga, ada Malaysia yang sudah meraih 4 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu. Sedangkan Singapura menempati posisi keempat di klasemen perolehan medali SEA Games 2019.

Singapura sudah mengumpulkan 3 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu. Singapura dibayangi Thailand yang menempati posisi kelima dengan bekal 2 medali emas, 4 medali perak serta 8 medali perunggu. Adapun Indonesia berada di posisi enam dengan total perolehan 8 medali. Kontingen Indonesia baru memperoleh 1 medali emas, 2 perak dan 5 perunggu.

Medali emas untuk Indonesia diraih oleh Dwi Cindy Desyana di cabang olahraga Dancesports. Atlet dansa itu berhasil meraih emas di nomor breaking girls pada hari ini. Sebelumnya, dua hari lalu, Timnas Polo Air Putra juga telah memastikan meraih medali emas. Namun, pemberian medali emas secara resmi untuk Timnas Polo Air Putra masih menunggu seluruh pertandingan di nomor ini selesai.

Tujuh atlet Indonesia selain Cindy yang tercatat meraih medali SEA Games 2019, pada hari ini. Dari cabang olahraga Thriatlon, misalnya, Nethavani Octaria dan M.

Ahlul Firman meraih 2 perunggu, masing-masing dari nomor individual women dan individual men. Kemudian, lifter Lisa Setiawati juga menyabet satu perak dari cabang olahraga angkat besi untuk nomor 45 kg putri. Timnas Sepaktakraw putri Indonesia juga sukses meraih medali perak. Perak diraih timnas Indonesia setelah mengumpulkan 660 poin pada pertandingan nomor hoop. Selain itu, medali juga diraih lifter Indonesia lainnya, hari ini. Surahmat Wijoyo menyumbangkan satu medali perunggu angkat besi dari nomor 55 Kg putra.

Dia mencatatkan total angkatan 250 Kg. Meski gagal memenuhi target meraih emas pada hari ini, tim wushu Indonesia berhasil merebut medali perunggu dari nomor taolu nandao/nangun combine. Atlet Wushu Indonesia Harris Horatius berhasil mengumpulkan poin 9.63 di nomor tersebut dan menempati posisi ketiga, atau berhak atas medali perunggu.

Medali perunggu juga disumbangkan oleh atlet Ice Skating Indonesia, Savika Refa. Hari ini, Savika memastikan mendapat medali perunggu setelah tampil apik di nomor senior single free skate. (TIR)

Cinyd mengalahkan atlet tuan rumah Debbie Mahinay dengan skor 3-2 yang tampil dengan banyak dukungan dari penonton di partai final hari itu. Dancesport sejatinya masuk SEA Games 2019 lantaran menjadi olahraga di mana Filipina sangat kuat. Terbukti, Filipina sudah mendulang 5 emas dari cabang itu.

Sementara itu, Lifter Lisa Setiawati berhasil menyumbangkan medali perak untuk Indonesia pada SEA Games 2019 setelah menjadi runner up pada pertandingan angkat besi kelas 45 kilogram putri, Minggu (1/12) di Kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina. Lisa mencatatkan total angkatan terbaik 169 kilogram dengan angkatan snatch seberat 73 kilogram dan clean and jerk seberat 96 kilogram.

Pertandingan cabang olahraga angkat besi SEA Games 2019 berlangsung pada 1-4 Desember 2019 di Kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina.(ant)
Sedangkan timnas wushu Indonesia pada hari pertama belum berhasil mewujudkan target medali emas mereka dari tiga nomor taolu final yang dipertandingkan.

Edgar Xavier Marvelo hampir mengamankan medali dari nomor Taolu Changquan jika saja juri tidak memotong poin juara dunia wushu 2019 itu karena melakukan gerakan keseimbangan yang kurang sempurna. Sebanyak dua medali perak dan perunggu melengkapi rekap medali Indonesia hingga Minggu (1/12) sore.

Medali perak tersebut disumbangkan oleh tim sepak takraw putri di nomor hoop yang diwakili Dini Sari, Asmira, Lena, Nur Yanti, dan Evana Rahmawati. Mereka sukses mengukir 660 poin, hanya 10 poin lebih sedikit dari Filipina.

Satu perak lainnya datang dari angkat besi. Lisa Setiawati meraihnya setelah membukukan total angkatan 169 kg. Sementara itu dua medali perunggu dipersembahkan oleh cabang triathlon individual melalui Muhammad Ahlul Firman (putra), dan Nathavani Octaria (putri).

Sesungguhnya Indonesia telah dipastikan menambah satu emas lain dari polo air putra. Namun, penyerahan medali baru secara resmi akan dilakukan pada malam ini waktu setempat. (ANT/DTC)

Peroleha Medali pada Minggu (1/12) Hingga Pukul 21.00 WIB :

Negara        Emas  Perak  Perunggu  Jumlah
Filipina           20       10         5           35
Vietnam         5        12          7           24
Malaysia        4         1          2            7
Singapura      3         2         4             9
Thailand        2         4         8             14
Indonesia      1         2         5             8.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px