Log in

PSSI Punya Uang, Disarankan Gaet Milla


Jakarta-adnalas Komite Eksekutif PSSI, Refrizal, membuka wacana untuk menarik Luis Milla kembali melatih Timnas Indonesia. Tapi, ia menunggu kepengurusan PSSI selanjutnya.

Milla digaungkan kembali menjadi pelatih Timnas menyusul hasil jeblok Timnas di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Irfan Bachdim dan kawan kawan tak mampu sekalipun meraih poin. Empat kali bertanding, mereka selalu menelan kekalahan, tiga di antaranya bahkan terjadi di kandang sendiri. Alhasil, Indonesia pun terjerembab di dasar klasemen.

Simon Mcmenemy menjadi orang yang dinilai paling bertanggung jawab atas kekalahan beruntun tersebut. Simon disorot warganet dan diminta legawa meletakkan jabatannya, sementara nama Milla muncul untuk menggantikan.

PSSI juga dinilai sudah salah langkah sejak awal. PSSI dinilai gagal sebagai organisasi setelah tak sanggup membayar gaji Milla di tengah jalan dan menyerahkan tugas kepada Simon, yang waktu itu masih menjadi pelatih Bhayangkara FC.

Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, bahkan ikut merespons pemberitaan itu dan bersedia memfasilitasi jika PSSI ingin bernegosiasi ulang dengan pelatih asal Spanyol tersebut.

"Milla dari dulu juga mau, tak perlu sesmenpora bilang juga. Dari dulu bisa kok selesai masalah negosiasi tapi kan kami waktu itu maunya di Jakarta dan kami sudah putuskan untuk memperpanjang Milla bahkan sampai tiga kali. Tetapi manajemen Milla yang mengulur-lur waktu. Padahal kami mau persiapan untuk Piala AFF," kata Refrizal kepada detikSport, Minggu (20/10).

"Jadi bisa saja (Luis Milla) dipanggil tapi Kongres Pemilihan ketua, wakil ketua, dan Exco yang baru akan dilakukan 2 November mendatang. Dengan kondisi transisi ini tentu tak bagus ambil keputusan (mengganti). Makanya kami ingin Simon mundur kembalikan jabatan ke PSSI (untuk ditetapkan oleh kepengurusan baru)," dia menjelaskan.

Sebab, kata Refrizal, dirinya pun belum tentu terpilih kembali. Untuk itu, PSSI periode selanjutnya yang akan memutuskan.

"Saya pribadi ingin pelatih Timnas yang sudah mengenal kita termasuk Milla yang memang sudah tahu karakter pemain Indonesia," ujar dia.

Refrizal juga menilai PSSI mampu membayar gaji Milla. Jadi, tak tertutup kemungkinan memanggil pelatih berusia 53 tahun itu.

"PSSI bisa bayar kok. Saya sih membuka peluang panggil Milla karena dia sudah mengenal karakter pemain kita. Semua keliatan kok saat Asian Games 2018 kemarin. Walau kalah tapi permainan Timnas kita bagus," ujar dia.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Sekretaris Menpora (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto, menyampaikan beberapa informasi penting mengenai Luis Milla Aspas. Arsitek tim asal Spanyol itu disebutnya tertarik untuk kembali menangani Timnas Indonesia.

Bermula dari pembicaraannya dengan eks Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ade Wellington, Gatot mengetahui hati Milla masih tertancap di Timnas Indonesia.

"Sebenarnya sudah lama saya dapat omongan-omongan kecil soal Luis Milla. Ade Wellington sampaikan keinginan Luis Milla, yang sebenarnya jatuh cinta dengan Indonesia. Tapi, bagaimana caranya?" kata Gatot kepada wartawan.

"Kemudian saya berkomunikasi dengan Ade Wellington, dia rupanya baru ketemu sama Milla di Spanyol dan Milla masih punya keinginan," ujar Gatot.

Sayup-sayup nama Luis Milla kembali muncul setelah keterpurukan Timnas Indonesia di tangan pelatih Simon McMenemy. Pelatih berusia 53 tahun itu dinilai layak untuk kembali mengomandoi Andritany Ardhiyasa dan kawan kawan.

"Karena Timnas Indonesia menerima kekalahan beruntun. Ada keinginan publik agar Milla kembali," imbuh Gatot.

Gatot juga mengabarkan Milla masih mau bernegosiasi dengan PSSI terkait nilai kontrak. Namun, Kemenpora, katanya, tidak dapat membantu menggaji Milla.

"Kalau masalah honor, masih bisa dinegosiasi. Jadi, kalau ditanya kenapa akhir-akhir ini saya bicara Luis Milla, ya karena merespons keinginan publik," tutur Gatot.

"Pemerintah yang jelas tak ada anggaran untuk itu. Kami harus adil pada cabang olahraga (cabor) lain," jelasnya.(DTC/DAILY)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px