Log in

PSM Makassar Wakili Indonesia


Piala AFC

Jakarta-andalas Setelah selesainya masa libur, Darije Kalezic pun telah memimpin sesi latihan PSM Makassar, Senin (10/6). Dalam waktu dekat, klub berjuluk Juku Eja tersebut akan kembali mewakili Indonesia dalam ajang Piala AFC Zona ASEAN.

Ia enggan menyia-nyiakan waktu lebih banyak, terlebih setelah jeda musim yang terbilang cukup panjang. Kalezic langsung memusatkan perhatiannya pada peningkatan kemampuan pemain guna menjalani serangkaian laga-laga penting pada bulan Juni ini.

"Kami akan menghadapi sejumlah laga penting bulan ini. Itulah mengapa saya fokus meningkatkan kemampuan tim," ujarnya kepada awak media usai latihan.
Pernyataan Darije menyiratkan dirinya sangat serius menatap laga semifinal Piala AFC zona Asean menghadapi Becamex Binh Duong (Vietnam), 19 dan 26 Juni. Namun, ia menampiknya.

"Masih terlalu dini memikirkannya untuk saat ini," tegas Darije. Meski begitu, mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini mengungkapkan, dirinya sudah mendapat sedikit gambaran kekuatan Becamex lewat rekaman dua laga mereka menghadapi Persija Jakarta.

"Persija tak pernah menang pada dua laga. Artinya, standar permainan Becamex tinggi," terang Darije. Darije mengakui telah memberikan tambahan jatah libur buat Bayu Gatra dan Marc Klok sampai 12 Juni.

"Bayu tengah menemani istrinya yang baru melahirkan. Sedang Marc dapat jatah tambahan libur karena baru dia tetap latihan bersama tim nasional saat rekan-rekannya menikmati liburan," katanya.

Sementara itu, terkait dengan pergeseran jadwal Shopee Liga 1 2019, Darije menegaskan PSM Makassar menyerahkan sepenuhnya kepada PT Liga Indonesia Baru selaku operator. "Itu sudah keputusan. Jadi bagi saya, PSM tidak diuntungkan atau dirugikan dalam hal ini," katanya.

Perjalanan PSM Makassar di Semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019 dipastikan tidak akan berjalan mudah. Pasalnya, mereka dihadapkan dengan tim yang menyingkirkan Persija Jakarta, yakni Becamex Binh Duong. PSM melaju ke babak semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019 dengan predikat juara Grup H. Pasukan Ramang mengoleksi 14 poin hasil empat kemenangan dan dua kali imbang.

Sesuai dengan regulasi AFC, juara Grup H akan berjumpa tim yang meraih tiket melalui jalur peringkat kedua terbaik. Tim tersebut adalah Becamex Binh Duong yang merupakan runner-up Grup G.

Becamex menjadi tim peringkat dua terbaik karena berhasil mengumpulkan 13 poin. Sebenarnya, wakil Vietnam memiliki poin yang sama dengan Tampines Rovers dalam klasemen kecil, namun mereka unggul selisih gol.

PSM lebih dulu bertandang ke Go Dau Stadium pada leg pertama yang digelar 19 Juni mendatang. Setelah itu, giliran Juku Eja menjamu Becamex di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor pada 26 Juni.

Pemenang dalam laga ini akan melaju ke final Zona ASEAN Piala AFC 2019. Jika mampu lolos dari semifinal, PSM Makassar akan menghadapi pemenang laga antara Ceres-Negros melawan Ha Noi. (BN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px