Log in

Posisi Spanyol Jadi Terjepit


Takluk di Markas Kroasia

Kroasia akhirnya meraih kemenangan pertamanya di UEFA Nations League. Menghadapi Spanyol, Kroasia menang 3-2. Hasil ini membuat persaingan untuk lolos ke fase berikutnya dari Grup 4 semakin sengit. Dalam laga Liga A Grup 4 di Stadion Maksimir, Jumat (16/11) dini hari WIB, pertandingan babak pertama berjalan sama kuat tanpa gol. Sebelum di babak kedua lima gol tercipta. Kroasia dua kali unggul lewat Andrej Kramaric (54) dan Tin Jedvaj (69), namun Spanyol juga dua kali berhasil menyamakan kedudukan lewat Daniel Ceballos (56) dan penalti Sergio Ramos (78). Kroasia akhirnya mampu meraup tiga poin lewat gol kedua Tin Jedvaj di menit-menit terakhir.

Kemenangan Kroasia ini juga sekaligus membuat posisi Spanyol menjadi terjepit. Meski mereka masih jadi pemuncak klasemen dengan nilai enam poin, posisi mereka rentan disusul oleh Inggris dan Kroasia yang sama-sama mengantongi empat poin. Dengan kondisi tersebut, duel Inggris lawan Kroasia di laga terakhir pada Minggu (18/11) mendatang akan jadi penentu. Bila ada pemenang di laga tersebut, maka tim itulah yang akan lolos ke babak semifinal. Namun bila hasil pertandingan Inggris lawan Kroasia imbang, maka Spanyol yang keluar sebagai juara grup. Spanyol sendiri tak lagi memiliki laga tersisa di Liga A Grup 4 UEFA Nations League.

Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique mengaku tidak terlalu memusingkan peluang 'La Furia Roja' ke babak semifinal UEFA Nations League. Peluang Spanyol untuk lolos ke semifinal terancam usai kalah dari Kroasia. "Saya rasa kedua tim menampilkan babak kedua yang bagus, lebih baik dibandingkan babak pertama. Kami layak mendapat hasil yang lebih baik namun beginilah sepak bola," kata Enrique seperti dikutip dari Marca. "Di babak kedua kami memiliki banyak peluang yang membuat kami layak menang. Namun mereka sukses melakukan serangan balik dan menaklukkan kami. Hal ini berarti grup ini memang grup yang sangat sulit," lanjut Enrique.

Enrique menyadari peluang lolos Spanyol kini tergantung hasil pertandingan lain. Namun mantan pelatih Barcelona itu menyatakan fokus utama dirinya adalah persiapan menghadapi Piala Eropa 2020. "Saat kami (tim pelatih) tiba di tim nasional, kami memahami situasi yang ada (baru saja gagal di Piala Dunia) dan kembali membentuk tim. Saya tentu senang bila tim ini ada di fase akhir (lolos semifinal) namun tujuan utama tim ini adalah Piala Eropa," ucap Enrique. Terlepas dari mengecilnya peluang timnas Spanyol ke semifinal, Enrique menyoroti sejumlah kesalahan yang dilakukan 'La Furia Roja' di laga melawan Kroasia. "Ada sejumlah hal yang harus ditingkatkan. Laga ini banyak kesalahan, terutama ketika kami menyerang." "Kami tahu Kroasia adalah salah satu tim terbaik di dunia. Saya akan me ncoba mencari ruang untuk meningkatkan kualitas, meski saya berpikir hasil yang ada (kekalahan) tidaklah adil (bagi Spanyol)," ujar Enrique. (DTK/CNNI)

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 17 Dec 2018 28°C 22°C
  • 18 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px