Log in

Piala Dunia 2018, Spanyol Waspadai Ronaldo

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo melakukan peregangan otot kaki saat sesi latihan perdana jelang Piala Dunia 2018. Pemain Portugal Cristiano Ronaldo melakukan peregangan otot kaki saat sesi latihan perdana jelang Piala Dunia 2018.

Dua unggulan Piala Dunia 2018, Spanyol dan Portugal berada dalam satu grup, di Grup B. Tak pelak, duel keduanya pun dipastinkan sangat ditunggu semua orang. Spanyol dan Potrugal akan bertanding di laga pembuka Grup B, Sabtu (16/6) dini hari WIB.

Kiper Spanyol, David De Gea pun menegaskan bahwa timnya sudah siap bermain sebaik mungkin di Piala Dunia yang menurutnya tidak akan mudah. "Kami sudah fokus ke Piala Dunia, yang merupakan hal terpenting saat ini, kami tidak boleh memikirkan hal lain," jelas De Gea.

"Jika kami melakukan banyak hal dengan baik, kami akan memiliki banyak kesempatan untuk memenangkan gelar juara, tapi kami tidak bisa meremehkan apa pun atau siapa pun," sambungnya.

De Gea mengakui pertandingan pertama di Piala Dunia selalu yang terpenting. Dan kali ini pertandingan itu jauh lebih penting karena Spanyol harus melawan Portugal, sang juara Piala Eropa.

"Pertandingan pertama selalu penting, dan jauh lebih penting ketika itu melawan rival sekuat dan serumit Portugal. Kami harus menghadapi pertandingan ini seperti yang kami lakukan di fase kualifikasi, ya, memainkan sepak bola kami,"ujarnya.

Dia pun menyadari kekuatan Cristiano Ronaldo di Portugal sebagai salah satu yang patut diwaspadai. Menurutnya Spanyol sudah banyak mempelajari cara bermain Ronaldo. "Cristiano Ronaldo sudah dipelajari dengan baik, dan semua pemain tahu dia adalah salah satu yang terbaik di dunia."

"Dia juga memiliki tim hebat yang mendukungnya, mereka adalah juara Eropa dan itu akan menjadi pertandingan yang sulit," tandas De Gea.

Favorit Juara Grup
Grup B Piala Dunia 2018 berisikan Portugal, Spanyol, Maroko, dan Iran. Spanyol dan Portugal jadi favorit kuat untuk menyandang status juara Grup B sedangkan Maroko dan Iran bakal bertindak sebagai kuda hitam yang siap mencuri tiket menuju babak 16 besar.

Portugal menjalani lima laga uji coba di tahun 2018 dengan hasil dua kali menang, dua kali imbang, dan satu kekalahan. Meski kurang meyakinkan selama uji coba, Portugal akan datang ke Rusia dengan status sebagai juara Piala Eropa 2016.

Trofi tersebut juga akan memompa semangat Pepe dan kawan-kawan untuk menghadapi Spanyol, Maroko, dan Iran di Piala Dunia kali ini. Andalan utama Portugal jelas Cristiano Ronaldo. Kondisinya bagus karena baru saja mengantar Real Madrid jadi juara Liga Champions.

Setelah tampil bagus bersama Real Madrid, Ronaldo berharap bisa melunasi utang ke timnas Portugal. Ronaldo sudah tiga kali tampil di Piala Dunia namun kontribusinya tidak signifikan.

Sementara timnas Spanyol datang ke Piala Dunia 2018 juga dalam kondisi bagus. Sejak kalah dari Italia di Piala Eropa 2016, timnas Spanyol tidak pernah menelan kekalahan selama dua tahun.

Spanyol sudah hampir lepas dari generasi emas mereka yang membawa Spanyol juara Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010. Hanya ada nama Andres Iniesta, Sergio Ramos, dan David Silva yang masuk sebagai pemain senior dengan jam terbang tinggi.

Selain Spanyol, Maroko juga punya catatan bagus menuju Piala Dunia 2018. Maroko tak terkalahkan dalam satu tahun terakhir dengan catatan 14 kemenangan dan empat hasil imbang.

Maroko juga pantas memiliki kepercayaan diri lantaran mereka memiliiki pemain-pemain yang berpengalaman di kompetisi Eropa. Dari 23 nama yang ada, hanya ada tiga nama yang tak bermain di klub Eropa. Selebihnya Mehdi Benatia dan kawan-kawan berkiprah di klub-klub besar Eropa.

Iran juga tak boleh diremehkan. Mereka memiliki peringkat FIFA yang lebih bagus dibandingkan Maroko. Di saat Portugal dan Spanyol saling ancam, Iran dan Maroko juga bakal berusaha keras merebut tiga poin di laga pertama. (BC/CNNI)

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 90%

Wind: 9.66 km/h

  • 12 Dec 2018 28°C 22°C
  • 13 Dec 2018 27°C 23°C

Banner 468 x 60 px