Log in

Piala Dunia 2018: Kroasia dan Swiss Lolos


Kroasia dan Swiss menyusul sembilan tim dari zona Eropa yang sudah lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia setelah mereka meraih hasil imbang atas lawan masing-masing dalam laga leg kedua playoff, Senin (13/11) dini hari WIB.

Kroasia lolos setelah bermain imbang tanpa gol melawan tuan rumah Yunani di Karaiskaki Stadium. Hasil imbang 0-0 itu sudah cukup untuk meloloskan Lukas Modric dan kawan-kawan karena pada laga leg pertama, Jumat (10/11) dini hari WIB lalu, mereka menang dengan skor telak 4-1.

Pada leg kedua playoff Piala Dunia 2018, Kroasia menurunkan armada terbaiknya di markas Yunani. Marcelo Brozovic, Luca Modric, dan Ivan Rakitic menempati lini kedua untuk mendukung pergerakan Ivan Perisic, Nikola Kalinic, serta Mario Mandzukic di sektor serang.

Situasi tersebut membuat Kroasia mengendalikan jalannya laga. Mereka tidak ragu menggempur pertahanan sang lawan dan mendapat sejumlah peluang emas untuk mencetak gol. Namun, Rakitic dan kawan-kawan belum bisa mengubah skor 0-0 hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, Kroasia langsung tancap gas. Namun, anak asuh Zlatko Dalic itu belum dapat memecah kebuntuan hingga waktu memasuki menit ke-75. Yunani pun merespons dengan balik menggempur pertahanan lawannya. Tetapi mereka tidak bisa mengubah kedudukan skor 0-0 bertahan hingga laga berakhir.

Adapun langkah Swiss ke putaran final juga ditentukan lewat hasil imbang 0-0 melawan tamunya Irlandia Utara dalam pertandingan di St Jakob Park. Tim besutan Vladimir Petkovic lolos ke Rusia karena unggul agregat setelah menang 1-0 di kandang Irlandia Utara, Jumat (10/11) dini hari WIB lalu.

Bermain di kandang sendiri di leg kedua playoff, Swiss mendapat perlawanan sengit dari Irlandia Utara. Laga baru berjalan tiga menit, tim tamu memiliki kans untuk unggul lebih dulu lewat aksi Chris Brunt pada menit ke-3. Akan tetapi, upaya Brunt masih belum membuahkan hasil. Bola hasil sepakan kaki kiri Brunt berhasil diamankan kiper Swiss, Yann Sommer.

Pada menit ke-25, Swiss memperoleh peluang bagus untuk memecah kebuntuan. Sayang, bola hasil tendangan kaki kiri Xherdan Shaqiri dari dalam kotak penalti dapat dihentikan penjaga gawang. Sampai turun minum, skor 0-0 tetap bertahan.

Masuk paruh kedua, Swiss dan Irlandia Utara saling melancarkan serangan. Namun, sampai peluit berbunyi panjang tanda laga usai, tidak ada gol yang tercipta.

Untuk Swiss, kelolosan tahun ini melanjutkan tren selalu maju ke putaran final dalam tiga edisi terakhir. Dalam dua Piala Dunia sebelumnya mereka berhasil mencapai babak 16 besar. Sementara Kroasia di edisi lalu tampil mengecewakan, tersingkir di fase grup setelah pada 2010 absen.

Dengan hasil ini, maka Kroasia dan Swiss melengkapi sembilan tim dari zona Eropa yang sebelumnya sudah lolos sebagai juara grup di babak kualifikasi. Mereka adalah Prancis, Portugal, Jerman, Serbia, Polandia, Inggris, Spanyol, Belgia, dan Islandia.

Zona Eropa sendiri diwakili oleh 14 tim pada Piala Dunia 2018 mendatang. Itu sudah termasuk dengan tuan rumah Rusia. Dengan demikian masih ada dua jatah lagi untuk Eropa. Dua jatah terakhir ini akan diperebutkan oleh Denmark dengan Republik Irlandia dan Swedia dengan Italia.

Duel playoff leg kedua antara Italia dan Swedia akan berlangsung di Milan, Selasa (14/11) dini hari WIB. Italia kalah 0-1 di leg pertama Sabtu lalu. Sedangkan laga leg kedua Denmark dan Irlandia akan berlangsung di kandang Irlandia, Rabu (15/11) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 0-0 di leg pertama. (GBC/BC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px