Log in

Piala AFF U-19, Indonesia Jumpa Malaysia di Semifinal


Menpora: Semoga Indonesia Juara Lagi

Malaysia dipastikan menjadi lawan Indonesia di semifinal Piala AFF U-19 2018 setelah dalam pertandingan terakhir Grup B, meraih kemenangan tipis 1-0 atas Myanmar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (10/7) sore. Kemenangan tipis 1-0 diraih Malaysia di laga terakhir Grup B Piala AFF U-19 2018. Dengan kemenangan itu, Malaysia bertengger di puncak Grup B dengan 10 poin, unggul tiga poin dari Myanmar yang tetap lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup B, dan akan berhadapan dengan Thailand di semifinal. Indonesia menjadi lawan Malaysia di semifinal setelah dalam pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-19 2018 kalah 1-2 dari Thailand dan lolos sebagai runner-up Grup A. Harapan Pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri, untuk menghadapi Malaysia di pertandingan final tampaknya harus dipercepat.

Malaysia akan menghadapi Indonesia di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo pada Kamis (12/7) dengan kick-off Pukul 19.00 WIB. Sementara laga semifinal lain antara Thailand kontra Myanmar akan digelar lebih dulu, yaitu pada Pukul 15.30 WIB. Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendukung penuh Timnas Indonesia U-19 yang sedang bertarung di Piala AFF U-19 2018. Imam berharap kejayaan tim tersebut lima tahun lalu akan terulang. Imam menonton langsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, ketika timnas U-19 menghadapi Thailand, Senin (9/7) lalu. Sayangnya, Indonesia kalah 1-2 pada pertandingan tersebut.

"Kemarin pada saat main dengan Vietnam tidak melihat secara langsung, namun hari ini saat melawan Thailand melihat langsung," ujar Imam. Meski kalah dari Thailand, Indonesia tetap lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup A. Di babak empat besar, Garuda Nusantara akan berhadapan dengan juara Grup B, Malaysia. "Semoga pelatih Timnas U-19 terus meracik tim ini betul-betul memberikan rasa bahagia bagi kerinduan masyarakat Indonesia yang sudah lama ingin kembali seperti tahun 2013 kemarin," kata Imam. Di Piala AFF U-19 2013, Indonesia yang saat itu jadi tuan rumah tampil sebagai juara. Di babak final, Evan Dimas dan kawan-kawan mengalahkan Vietnam lewat adu penalti.

"Sekarang yang terpenting kita harus men-support mereka, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada suporter yang selalu menemani tim kesayangannya," kata Imam. Pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri mengatakan skuatnya kini berbeda dengan skuat asuhannya pada 2013 yang ketika itu diperkuat pemain-pemain seperti Evan Dimas, Maldini Pali, dan Ilham Udin. Menurut Indra, pembedanya adalah Indonesia U-19 sekarang didominasi pesepakbola yang merumput di Liga 1 2018. Hal itu tidak terjadi pada tahun 2013 meski pada waktu itu Timnas U-19 berhasil menjadi juara Piala U-19 AFF. "Kenapa waktu itu kita pakai pemusatan latihan jangka panjang, karena saat itu pemain tak punya wadah kompetisi. Kalau sekarang kita tertolong dengan pemain yang bermain di kompetisi," ujar Indra. Para pemain Indonesia U-19 yang berkompetisi di Liga 1 di antaranya Saddil Ramdani (Persela Lamongan), Hanis Saghara (Bali United), Muhammad Rafli Mursalim (Mitra Kukar), Muhammad Luthfi Kamal (Mitra Kukar), Syahrian Abimanyu (Sriwijaya FC), Asnawi Mangkualam (PSM Makassar), Firza Andika (PSMS), Rifad Marasabessy (Madura United). (BC/DTK/ANT)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 82%

Wind: 11.27 km/h

  • 20 Jul 2018 30°C 24°C
  • 21 Jul 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px