Log in

Piala AFF U-19, Indonesia Harus Kalahkan Malaysia

Pemain Indonesia U-19 Rafli Mursalim merayakan golnya ke gawang Vietnam, Sabtu (7/7) lalu. Pemain Indonesia U-19 Rafli Mursalim merayakan golnya ke gawang Vietnam, Sabtu (7/7) lalu.

Timnas Indonesia bakal berjumpa dengan Malaysia dalam semifinal Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (12/7). Pelatih Indonesia, Indra Sjafri tampak bersungguh-sungguh untuk memenangkan pertandingan kali ini.

Hat tersebut dibuktikan dengan keputusan mengganti venue latihan dari Stadion Jengholo ke Stadion Gelora Delta, Rabu (11/7) sore. Latihan kali ini juga digelar secara tertutup.

Skuat Garuda Nusantara punya catatan kurang apik dalam menghadapi semifinal Piala AFF U-19. Tahun lalu, mereka kalah lewat babak adu penalti oleh Thailand.

Dalam latihan yang berlangsung sekitar 1,5 jam tersebut, Indra melatih taktik melawan Malaysia. Hanya saja, setelah latihan usai, Indra tak bersedia membeberkan apa yang ia berikan pada pemainnya. "Saya tidak akan kasih tahu latihan apa kami hari ini," ucap Indra.

Indra merahasiakan menu latihan yang ia berikan pada pemainnya lantaran tak ingin diketahui oleh lawan. Maklum, Timnas Indonesia U-19 berambisi memenangkan pertandingan lawan Malaysia untuk merebut tiket ke final.

Indra menyatakan mewaspadai seluruh pemain Malaysia. Apalagi tim besutan Bojan Hodak itu pernah menghantam Nurhidayat Haji Haris dkk dengan skor telak, 4-1, di Piala AFF U-18 di Myanmar tahun lalu.

Menurutnya semua pemain Malaysia berpotensi membahayakan gawang Indonesia. Maka itu, ia tak mau menyebutkan salah satu atau beberapa di antara pemain tim Negeri Jiran yang perlu diwaspadai.

Kendati pernah tumbang dengan tim yang sama, Indra menyatakan bahwa dirinya tak mau mengingat masa lalu kelam tersebut. "Saya melihat kedepan, saya tidak mau melihat masa lalu. Pertandingan ke depan nanti yang lebih penting bagi saya," sebut Indra.

Indra juga mengaku telah menyiapkan latihan penalti untuk anak asuhnya. "Siap, (penalti) sudah dilatih. Mudah-mudahan ada manfaat untuk kami," kata pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Sementara itu, motivasi berlipat ganda terlihat dari salah satu penggawa Indonesia U-19, Nurhidayat Haji Haris. Bek tengah jangkung itu bertekad mengalahkan Malaysia demi martabat bangsa.

Melawan Malaysia pada semifinal Piala AFF U-19 nanti, Indonesia sudah bisa memainkan Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri. Khusus nama terakhir, Nurhidayat mengatakan hal itu sebagai pendongkrak kekuatan tim.

"Kita kedatangan teman satu lagi dari Polandia. itu sangat menambah amunisi untuk melawan Malaysia," kata bek Bhayangkara FC tersebut ditemui usai latihan tertutup.

Semakin kuatnya tim Indonesia U-19 membuat Nurhidayat semakin bernafsu untuk bisa mengalahkan Malaysia. Baginya, laga nanti merupakan pertaruhan harga diri.

"Sudah dari dulu mungkin kalau timnas senior lawan Malaysia itu seperti partai final. Harga diri ini. Kita harus memenangkan semifinal besok," tambahnya lagi. (BC/MEDC)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Showers

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 26 Sep 2018 30°C 22°C
  • 27 Sep 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px