Log in

Pengamanan Asian Games Akan Lebih Diperketat


Jakarta-andalas Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menegaskan sudah mengantisipasi faktor keamanan di perhelatan akbar yang digelar di Jakarta dan Palembang tersebut. Bahkan pengamanan pun bakal lebih diperketat.

Hal itu dikatakan Deputi IV Bidang Keamanan INASGOC Asops Kapolri Deden Juhara, menyusul adanya teror bom di Surabaya dalam beberapa hari terakhir. "Sudah pasti pengamanan lebih diperketat," katanya di Hotel Atlet Century, Senayan, Selasa (15/5).

Deden tidak merinci lebih rinci seputar hal tersebut. Yang pasti, menurutnya, kerjasama dari seluruh instansi terkait sudah dan akan terus dilakukan.

"Intinya masyarakat harus nyaman, harus aman. Pokoknya sudah kerjasama antar lembaga untuk sama-sama mengamankan dan menyukseskan (Asian Games) termasuk para wartawan," ucapnya.

"Contoh antisipasinya seperti di area parkir, yang mana pemeriksaan harus dilakukan karena sekarang pelaku (teror) sudah berani meletakan bom di jok motor," ungkapnya.

Ia pun menyatakan bahwa respons para negara peserta Asian Games 2018 sejauh ini relatif tidak terlalu risau dengan aspek keamanan di gelaran mendatang.

"Tidak ada, nyaman-nyaman saja. Sudah dijelaskan dan sudah diungkapkan. Bapak Kapolri (Tito Karnavian) juga masih di Surabaya. Insya Allah kami amankan. Harus. Sudah diamankan sejak sekarang," tegasnya.

Sementara itu, Wapres Jusuf Kalla percaya gelaran Asian Games bisa berjalan lancar dengan partisipasi masyarakat. JK meminta masyarakat ikut berpartisipasi, caranya dengan menjadi mata bagi pihak kepolisian.

"Kita menjadi mata pemerintah agar tak terjadi hal itu. Itu (ancaman keamanan Asian Games) tidak akan terjadi asal ada kerjasama dari pemerintah, TNI, dan Polri karena dengan jumlah penduduk 250 juta orang tak semua bisa diatasi. Tapi apabila ada kejahatan dan rencana, harus masyarakat mengatasi hal tersebut," ungkapnya.

Namun begitu, JK juga tak menyangkal kalau serangkaian ledakan bom yang terjadi akan berpengaruh pada Asian Games. "Itulah apa yang ingin saya sampaikan memberi efek kepada Asian Games. Maka orang asing itu sama dengan kita."

"Kalau itu terjadi di Pakistan langsung kita takut masuk Pakistan. Asian Games terjadi di Jakarta dan Palembang tapi kadang-kadang orang asing tidak bisa membedakan itu. Maka kita perlu bersama-sama. Semoga Asian Games bisa sukses," harap JK. (DTK)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Oct 2018 28°C 21°C
  • 22 Oct 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px