Log in

Pemain Muda Hambali Tolib Merapat ke Norwegia


Jakarta-andalas Setelah Egy Maulana Vikri dan Firza Andika, kini satu pemain muda Indonesia Muhammad Hambali Tolib akan merumput ke Eropa.  Hambali merupakan skuat di Timnas Indonesia U-23 dan saat ini  penyerang 18 tahun itu bermain untuk Persela Lamongan.

Deputi III bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, menyatakan, Hamballi ditaksir oleh sebuah klub Norwegia. Dikatakannya, ada surat masuk kepada Kemenpora terkait ketertarikan klub asal Norwegia ini terhadap Hambali.

"Saya tidak tahu mereka mengutus agen atau tim pemandu bakat. Yang jelas bukan dari kami, tapi mereka langsung ada surat yang masuk dan dijelaskan tiket sudah siap. Rencananya, Kamis (13/6), kami akan pamitan dengan Bapak Menteri (Imam Nahrawi) ke Norwegia. Tiketnya sudah ada,"  kata Isnanta di Wisma Kemenpora, Selasa (11/6).

Tapi untuk klub yang dituju, Isnanta belum bisa menjelaskan secara detail karena berkaitan dengan administrasi. "Jangan sekarang. Cuma yang minta memang dari mereka bukan kami yang menyodorkan. Jadi semoga Hambali bisa menunjukan penampilan terbaiknya," ujar dia.

Terpisah, Hambali ketika dihubungi belum ingin bicara, namun tak menampik banyak tawaran klub dari luar negeri. "Saya belum bisa bicara, mbak. Belum tahu saya," ujar dia dalam pesan singkat.

Utamakan Klub Eropa

Tidak hanya Hambali, pemain Timnas U-23 Witan Sulaeman telah lulus dari SKO Ragunan, juga mengutamkan klub-klub Eropa untuk merekrutnya. Deputi III bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta yang menceritakannya. Witan, yang saat ini sudah lulus dari SKO Ragunan, sudah mulai dilepas untuk mendapatkan kontrak perdana sebagai pemain sepakbola profesional.

"Witan itu maunya menyusul Egy Maulana Vikri ke Eropa. Sejak saya orbitkan Egy, mereka berdua kan kompak banget. Jadi, keinginan untuk Witan ke sana tinggi sekali. Cuma saya setop karena usianya beda. Saya minta dia menunggu dan sekarang sudah selesai sekolah jadi saya perlu mengkorfimasi lagi klub-klub yang sempat minat kepadanya," kata Isnanta.

Dijelaskannya, ketika Witan masih duduk di kelas 3 SKO Ragunan, sudah banyak klub dari luar maupun dalam negeri yang mengincarnya. Tak tanggung-tanggung dua sampai tiga klub di Eropa sudah berusaha untuk mengajak pemain berusia 17 tahun itu trial.

"Yang melamar banyak, dua sampai tiga klub Eropa. Tapi, dalam juga ada, Persija Jakarta dan Surabaya (Persebaya)," ungkapnya.  Tapi, lanjutnya, Witan maunya ke Eropa namun saya setop dulu.

"Nah, sekarang sudah selesai sekolah saya harus mengonfirmasi ulang kepada klub-klub yang saya hold. Takutnya mereka berubah pikiran,"  katanya.
Mengenai klub-klub yang diminati, Isnanta menyebut masih sekitar rekanan Lechia Gdanks.

"Orientasinya ke sana (Eropa) tapi saya belum bisa bilang pasti ya. Saya harus komunikasi lagi untuk tindak lanjutnya. Tapi bukan Lechia Gdanks tapi masih genk-nya, ada juga dari klub Portugal," ujar dia. (dtc)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px