Log in

MU Laga Tira Persikabo Persaingan Papan Atas


Jakarta-andalas Laga Tira Persikabo dengan Madura United (MU) akan dilangsungkan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jumat (12/7). Kedua tim datang dengan statistik mentereng, sama-sama belum kalah.

Namun, Tira Persikabo akan menjalani laga yang berpotensi menyulitkan saat menjamu Madura United dalam lanjutan Liga 1. Tuan rumah menjelang laga tersebut dengan dihantui kondisi fisik yang tak ideal.

Tira Persikabo, yang sudah bermain tujuh kali, kini ada di posisi dua (15 poin). Sementara Madura United, lima kali main, tertinggal dua poin di belakangnya. Kemenangan akan memastikan Tira Persikabo bertahan di posisi dua klasemen. Tapi perjuangan itu tak akan mudah. Meski main di kandang dan akan dapat dukungan penuh dari suporter, Tira Persikabo kini dalam kondisi kelelahan.

Tira Persikabo memiliki waktu persiapan hanya tiga hari untuk laga tersebut. Pada Senin (8/7) lalu Abduh Lestaluhu dkk baru menghadapi Semen Padang. Pelatih Rahmad Darmawan mengatakan, timnya tak punya persiapan atau latihan khusus melawan Madura. Fokus utamanya adalah memulihkan kondisi pemain.

"Recovery sekarang jauh lebih penting dibanding latihan karena semakin banyak berlatih taktik tugas semakin berat di latihan. Jadi saya sudah sampaikan apa-apa yang akan kami lakukan di laga besok, itu bisa jadi satu modal buat pemain di laga besok," ujar RD kepada pewarta, Kamis (11/7).

Hal lain yang juga penting untuk dijaga oleh pemain Tira Persikabo adalah bagaimana mereka menjaga motivasi di atas lapangan. Ini diperlukan supaya mereka bisa mempertahankan laju positif yang sudah didapat saat ini.

"Saya tahu mereka suatu saat akan up and down, karena keletihan juga, jadwal padat, dibandingkan tim lain. Madura sudah memiliki waktu recovery lebih lama, dan masa recovery ini jadi catatan bagi tim kami, bagaimana mengatur kondisi pemain dengan baik," katanya.

Tapi, lanjutnya, secara keseluruhan kami sudah siap. "Saya tekankan kepada pemain fokus untuk laga besok, karena tanpa semangat, besok kami mungkin saja bisa mengimbangi Madura United, walau orang mengungkapkan besok impossible kami mengalahkan Madura United," ujarnya.

Waspadai Semua Pemain

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan tak mau meremehkan kekuatan Madura United. Arsitek yang akrab disapa RD ini menganggap semua pemain Laskar Sape Kerrap bisa membahayakan timnya.

Jelang laga tersebut, RD menilai tim lawan memiliki banyak pemain bagus. Oleh sebab itu, mantan pelatih Timnas Indonesia ini tidak bisa hanya mewaspadai satu atau dua pemain saja. "Semua pemain saya waspadai, termasuk pemain cadangannya. Di cadangan kanan dan kiri ada Alfath (Fathie) dan David Laly, Greg (Nwokolo), Andik (Vermansah), Slamet Nurcahyo juga, Beto (Goncalves), semua pemain kita waspadai," ujar RD di Stadion Pakansari.

Sementara itu, pertandingan antara Tira Persikabo kontra Madura United dipastikan akan berlangsung seru. Sebab, kedua tim saat ini tengah bersaing di papan atas klasemen sementara Shopee Liga 1 2019.

Tira Persikabo saat ini menempati posisi kedua dengan mengemas 15 poin. Sedangkan Madura United ada di bawahnya dengan mengantongi 12 angka. RD pun semakin berhasrat untuk bisa mengalahkan tim asal Jawa Timur itu. Meskipun dia menyadari itu tidak akan mudah. "Kita melawan tim hebat, justru saya punya motivasi lebih, mengalahkan tim yang bagus secara kualitas," imbuh RD.(DTC/BN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px