Log in

MotoGP 2018, Dovizioso Juara di San Marino


Pembalap Ducati Andrea Dovizioso memastikan diri menjadi yang terbaik pada MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9). Posisi kedua diraih Marc Marquez, sedangkan Cal Crutchlow finis ketiga.

Dovizioso sempat kesulitan pada awal balapan. Ia harus bersaing dengan Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Jack Miller. Ketiga pembalap tersebut justru mampu menempati urutan tiga terdepan pada lap pertama. Lorenzo menjadi pembalap terdepan saat itu.

Meski tertinggal di awal balapan, Dovizioso tidak patah arang. Ia tetap menunjukkan laju yang baik. Hingga akhirnya, posisi terdepan pun berhasil direbut Dovizioso pada lap keenam.

Tepatnya pada tikungan kedelapan. Saat itu, ia sukses menyalip Lorenzo. Sedangkan Marquez membayangi dari posisi ketiga saat itu. Dovizioso semakin percaya diri usai merebut posisi pertama itu. Ia terus melaju, bahkan  sukses meninggalkan jauh Lorenzo dan Marquez pada lap kesepuluh. Terjadi perubahan posisi antara peringkat kedua dan ketiga pada lap ke-14. Kala itu, Marquez naik ke posisi kedua, menyalip posisi Lorenzo.

Perebutan posisi di antara Marquez dan Lorenzo membuat Dovizioso melaju semakin nyaman. Pada lap ke-17, Doviziso mampu memperlebar jarak dengan waktu 2 detik dari kedua pembalap tersebut.

Balapan berjalan semakin panas. Khususnya ketika sudah memasuki pada lap ke-26. Lorenzo berhasil meninggalkan Marquez dan terus membayangi Dovizioso. Sayangnya, ia harus terjatuh pada tikungan kedelapan. Beruntung Lorenzo masih bisa melanjutkan balapan. Hanya saja, ia harus tertinggal jauh dari pembalap-pembalap terdepan.

Situasi ini pun dimanfaatkan Dovizioso. Ia pun melaju bebas hingga finis di urutan pertama, sekaligus memastikan kemenangan pada MotoGP San Marino. Kemudian, ia diikuti oleh Marquez dan Cal Crutchlow yang finis di urutan kedua dan ketiga.  Bagi Dovizioso, ini menjadi kemenangan ketiganya pada MotoGP 2018. Sebelumnya, ia sukses meraih kemenangan pada MotoGP Qatar dan MotoGP Republik Ceko.

Keberhasilan Dovizioso memenangkan balapan di San Marino membuat pergeseran klasemen sementara MotoGP 2018. Tambahan 25 poin, Dovizioso menempati posisi kedua, menggeser Valentino Rossi yang finis posisi ketujuh di San Marino.

Dovizioso kini jadi lawan utama Marc Marquez yang masih menguasai puncak klasemen dengan koleksi 221 poin. Rossi harus puas ada di posisi ketiga dengan nilai 151 poin, tertinggal tiga angka dari Dovizioso. (MEDC/CNNI)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 97%

Wind: 6.44 km/h

  • 14 Nov 2018 27°C 22°C
  • 15 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px