Log in

Messi Berpeluang Raih Sepatu Emas Eropa


Top Skor La Liga

Dua gol yang dibuat Lionel Messi saat Barcelona ditahan imbang Eibar dalam pertandingan terakhir LaLiga musim ini di Estadio Municipal de Ipurua, Minggu (19/5) malam WIB dengan skor  2-2, memastikan Messi sebagai pencetak gol terbanyak LaLiga musim ini.

Tambahan dua gol itu membawa Messi mengukir gol ke-36 di liga musim ini dari hanya 34 penampilan. Bintang asal Argentina ini unggul telak dari Karim Benzema dan Luis Suarez di posisi dua, yang sama-sama mengemas 21 gol.  

Ini sekaligus jadi gelar El Pichichi alias top skorer liga yang keenam untuk Messi. Dengan titel keenam ini, pemain 31 tahun tersebut menyamai rekor legenda Athletic Bilbao Telmo Zarra. Messi sebelumnya tercatat jadi top skorer di musim 2009/2010, 2011/2012, 2012/2013, 2016/2017, 2017/2018. Messi kini cuma butuh jadi top skorer semusim lagi untuk mencatatkan rekor baru.

Ketajaman Messi ini pula yang berperan besar mengantarkan Barcelona ke gelar juara. Barcelona menutup musim dengan 87 poin, unggul 11 poin dari Atletico Madrid di posisi dua. Dari jumlah gol itu, Messi mencatatkan tiga kali hat-trick, masing-masing melawan Levante , Sevilla, dan Real Betis.

Namun, tak hanya El Pichichi, Messi berpotensi kembali meraih sepatu emas Eropa. Pesaing terdekatnya adalah Kylian Mbappe penyerang PSG dengan 32 gol dan Fabio Quagliarella dengan 26 gol. Baik Mbappe maupun Quagliarella hanya punya satu laga tersisa untuk coba mengejar Messi.

Sepatu Emas Eropa diberikan berdasar pada jumlah gol yang dicetak oleh pemain di kompetisi domestik. Lebih spesifik lagi di ajang liga. Jika kasusnya adalah Lionel Messi, maka hanya jumlah gol di La Liga yang akan dihitung.

Mbappe sejauh ini telah mencetak 32 gol di Ligue 1. Pemain berusia 20 tahun tersebut terpaut empat gol dari Lionel Messi. Menariknya, Mbappe masih punya satu laga tersisa untuk mengejar gol Messi.

Pada laga terakhir Ligue 1 musim ini, PSG akan berjumpa Stade de Reims akhir pekan depan. Jika mampu mencetak empat gol, maka dia akan meraih sepatu emas, berbagi dengan Messi. Tapi, jika bisa mencetak lima gol, dia akan mengalahkan Messi.

Begituun, Messi kini punya rekor yang sama dengan legenda La Liga yakni Telmo Zarra yang juga pernan enam kali jadi top skor La Liga. Lionel Messi pun melewati catatan Alfredo Di Stefano, Enrique Castro dan Hugo Sanchez yang meraih lima gelar top skor.(VN/DTC/BN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px