Log in

Melawan Dynamo Kiev, Chelsea Jangan Terlena


Chelsea akan melawat ke Ukraina untuk menghadapi Dynamo Kiev pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa 2018/19, Jumat (15/3). Chelsea belum pernah menang di Ukraina. Namun Chelsea sudah memiliki modal bagus untuk membuka jalan menuju babak berikutnya.

Pada leg pertama di Stamford Bridge seminggu sebelumnya, Chelsea memukul Dynamo 3-0 lewat gol-gol Pedro Rodriguez, Willian dan pemain pengganti Callum Hudson-Odoi.

Satu kaki Chelsea sudah berada di perempat final. Di NSC Olimpiyskiy Stadium nanti, pasukan Maurizio Sarri hanya perlu menuntaskan pekerjaan mereka. Sebelum leg pertama, Dynamo dan Chelsea baru pernah bertemu di fase grup Liga Champions 2015/16. Mereka bermain imbang 0-0 di Ukraina pada matchday 3, kemudian Chelsea menang 2-1 di Inggris pada matchday 4.

Satu-satunya pertemuan Chelsea dengan wakil Ukraina sebelum itu adalah ketika berada segrup dengan Shakhtar Donetsk di Liga Champions 2012/13. Chelsea kalah 1-2 di Ukraina pada matchday 3, tapi menang 3-2 saat ganti menjamu Shakhtar pada matchday 4. Rekor tandang Chelsea melawan tim-tim Ukraina adalah M0 S1 K1. Sementara itu, rekor kandang Dynamo melawan tim-tim Inggris adalah M5 S6 K3.

Main tandang melawan Dynamo tergolong cukup sulit. Namun Chelsea sepertinya tak perlu cemas karena mereka sudah mengantongi modal tiga gol dari leg pertama di Stamford Bridge. Dalam laga terakhirnya, Dynamo menang telak 4-0 menjamu Arsenal Kiev di liga. Anak-anak asuh Alyaksandr Khatskevich menang lewat gol Sidcley, penalti wakil kapten Viktor Tsygankov, dan brace Denys Harmash.

Sementara itu, Chelsea hanya mampu meraih hasil imbang 1-1 saat menjamu Wolverhampton di Premier League akhir pekan kemarin. Chelsea bahkan nyaris kalah, tapi selamat berkat gol Eden Hazard dari assist Willian di menit-menit akhir.

Dynamo dihadapkan pada jalan yang sangat terjal, tapi mereka siap mencoba memberikan perlawanan terakhir. Chelsea sebaiknya tidak terlena dengan keunggulan agregat sementara 3-0 ini.

Perkiraan susunan pemain

Dynamo (4-2-3-1): Boyko; Mykolenko, Kadar, Shabanov, Burda; Sydorchuk, Shepelyev; Tsygankov, Shaparenko, Buyalskiy; Sidcley. Pelatih: Alyaksandr Khatskevich.

Chelsea (4-3-3): Kepa; Zappacosta, Christensen, Luiz, Alonso; Kante, Jorginho, Kovacic; Pedro, Giroud, Willian. Pelatih: Maurizio Sarri.

Prediksi skor

Kemenangan 4-0 atas Arsenal Kiev di liga akhir pekan kemarin menunjukkan bahwa Dynamo punya kemampuan mencetak empat gol yang mereka butuhkan untuk membalikkan keadaan melawan Chelsea. Hanya saja, mereka pasti sadar kalau Arsenal Kiev jelas tak bisa disamakan dengan Chelsea.

Performa Chelsea memang belum terlalu stabil. Namun The Blues belum tersentuh kekalahan di Liga Europa musim ini (M8 S1 K0). Chelsea belum pernah menang di Ukraina, tapi hasil imbang saja sudah lebih dari cukup untuk meloloskan mereka ke perempat final.

Prediksi skor akhir: Dynamo Kiev 1-1 Chelsea.

Head-to-head kedua tim
1 dari 2
Statistik
HEAD-TO-HEAD (KOMPETISI UEFA)

Pertandingan: 3
Dynamo menang: 0
Gol Dynamo: 1
Imbang: 1
Chelsea menang: 2
Gol Chelsea: 5.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px