Log in

Khabib Jago Kuncian, Ferguson Petarung Brutal

Khabib Nurmagomedov vs Tony Ferguson. Khabib Nurmagomedov vs Tony Ferguson.

Jakarta-andalas Tony Ferguson kemungkinan bakal menjadi lawan selanjutnya dari Khabib Nurmagomedov pada pertarungan UFC. Meski rencana pertarungan belum dipastikan, pertarungan itu kemungkinan bakal berlangsung sengit. Khabib yang jago kuncian menghadapi Ferguson, petarung yang terkenal brutal.

Sebelumnya, Khabib sukses menekuk Dustin Poirier pada ronde ketiga tarung UFC 242 di Abu Dhabi, Sabtu (7/9) malam waktu setempat. Khabib menghentikan perlawanan Poirier melalui kuncian atau submission dengan teknik rear-naked choke.

Poirier menjadi korban ke-10 Khabib yang dikalahkan melalui kuncian. Sebelumnmya, The Eagle juga membekuk Conor McGregor melalui kuncian atau teknik neck crank pada UFC 229, Oktober 2018.

Kemenangan Khabib melalui kuncian lebih banyak dibandingkan kemenangan KO melalui pukulan yang hanya delapan kali. Jumlah 10 kemenangan submission Khabib sama dengan kemenangan berdasarkan keputusan dewan juri.

Dengan statistik kemenangan itu, Khabib disebut sebagai salah satu petarung sepesialis submission. The Eagle sejauh ini belum mengalami kekalahan. Pertarungan Khabib melawan Ferguson diprediksi sejumlah pihak bakal berlangsung sengit. Pasalnya, Ferguson juga tak kalah menyeramkan jika melihat statistik kemenangannya.

Dari 25 kali kemenangan El Cucuy mendapatkannya melalui KO dengan teknik pukulan. Hanya lima kali dia mendapat kemenangan melalui keputusan dewan juri.

Catatan tersebut menjadikannya sebagai petarung yang cukup brutal tak membiarkan lawan-lawannya lolos dari serangan demi serangannya hingga dibuat KO.

Kemampuan kuncian Ferguson juga tak kalah dari Khabib. Total delapan kali dia menekuk lawan-lawannya melalui sumbission. Jumlah tersebut hanya berbeda tipis dari Khabib dengan kemenangan submission.

Sebelumnya, Tony Ferguson menantang Khabib Nurmagomedov untuk bertarung di UFC 245 yang dijadwalkan digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, Desember 2019.

Presiden UFC Dana White sudah memastikan Ferguson akan mendapat kesempatan pertama melawan Khabib usai UFC 242. Pada UFC 242 di Abu Dhabi, Minggu (8/9), berhasil melakukan unifikasi gelar kelas ringan dengan mengalahkan Dustin Poirier.

Ini adalah kali kelima Ferguson dijadwalkan menghadapi Khabib. Di empat kesempatan sebelumnya Ferguson dan Khabib gagal bertarung karena masalah cedera.

Ferguson berharap usaha kelima akan membuahkan hasil. Petarung 35 tahun asal Amerika Serikat itu percaya diri bisa mengalahkan Khabib. Tony Ferguson percaya diri bisa mengalahkan Khabib Nurmagomedov.

"Saya akan menunjukkan kepada Khabib grappling yang sesungguhnya. Orang ini tidak suka terkena pukulan. Tidak ada rahasia untuk hal ini. Ini hanya soal siapa yang lebih menginginkannya. UFC. Desember. Las Vegas. Tidak ada omong kosong. Lawan saya atau menghilang," ujar Ferguson dikutip dari Low Kick MMA.

Ferguson memiliki rekor 25 menang dan tiga kali kalah di MMA. Di UFC, petarung kelahiran Oxnard, California, itu sudah meraih 12 kemenangan beruntun. Kekalahan terakhir dialami Ferguson saat melawan Michael Johnson pada Mei 2012.

"Saya tidak main-main. Ketika saya main-main, pasti menyenangkan. Tapi, ketika berbicara mengenai pertarungan, saya akan lebih beringas daripada Robbie Lawler," ucap Ferguson.

Sebelumnya, Dana White menyerahkan semua keputusan kepada Ferguson. Jika Ferguson menolak melawan Khabib, maka peluang terbesar sebagai lawan Khabib akan jatuh ke tangan Conor McGregor.

"Ferguson akan mendapat kesempatan berikutnya. Jika, untuk alasan apapun, Ferguson tidak mengambil pertarungan ini atau tidak ingin bertarung, maka kami akan memikirkan langkah selanjutnya. Jadi ya, melawan McGregor pilihan masuk akal," ucap White. (CNNI)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px