Log in

Kalah di Injury Time, Indonesia Belum Aman


Jakarta-andalas Timnas Indonesia dipaksa menyerah 1-2 dari Vietnam pada laga lanjutan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Minggu (1/12). Kekalahan itu membuat tren kemenangan Indonesia di SEA Games 2019 akhirnya terhenti.   Kedua tim bermain hati-hati di menit-menit awal. Sehingga pada 15 menit pertama tidak ada peluang bersih yang tercipta.

Pada laga kali ini pelatih Indra Sjafri memilih untuk mencadangkan Egy Maulana Vikri yang sebelumnya tampil sebagai starter saat melawan Thailand dan Singapura. Sementara Osvaldo Haay diplot sebagai ujung tombak.

Duel sengit terjadi di laga Indonesia vs Vietnam. Kedua tim sama-sama tampil ngotot dan cenderung bermain keras sejak awal pertandingan. Namun, Indonesia berhasil unggul di menit ke-23. Blunder kiper Bui Tien Dung mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Sani Rizky Fauzi. Tien Dung gagal menangkap bola hasil umpan silang Asnawi Mangkualam sehingga bola jatuh di depan gawang dan dengan mudah disambar Sani Rizki lewat sundulan.

Vietnam langsung membalas dengan serangan balik yang membahayakan. Sepakan keras Nguyen Tienh Linh dari tepi kotak penalti melebar tipis saja dari gawang Nadeo Argawinata.

Vietnam sempat menggetarkan gawang Indonesia di menit ke-24. Tetapi wasit Majed Mohammed Alshamrani menganulir gol tersebut karena dianggap telah terjadi pelanggaran lebih dulu.

Kiper Indonesia Nadeo Argawinata sempat dibikin kerepotan lini serang Vietnam. Namun, ia mampu tampil cemerlang dan menggagalkan setidaknya tiga peluang emas tim lawan. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Vietnam makin gencar melakukan tekanan dan memaksa Indonesia sibuk bertahan hingga pertengahan babak kedua. Vietnam menguasai permainan nyaris sepanjang babak kedua sehingga berhasil menciptakan sepasang gol dari Nguyen Tanh Chung dan Nguyen Hoang Duc untuk memastikan kemenangan. Serangan bergelombang yang dilancarkan Fire Dragon Warriors akhirnya membuahkan hasil di menit ke-64 lewat sundulan Nguyen Thanh Chung memanfaatkan umpan tendangan penjuru.

Nadeo kembali melakukan penyelamatan untuk menjaga gawang Indonesia tidak kebobolan lagi. Menyusul tembakan mendatar Do Hung Dung usai menyambut sepak pojok.

Sempat terjadi cekcok di menit ke-70 setelah Nguyen Tien Linh melakukan pelanggaran kepada Asnawi. Namun, wasit mampu melerai kedua tim yang yang sempat mengerubung.

Pasukan Garuda Muda kesulitan keluar dari dominasi Vietnam hingga menit ke-80. Pressing ketat tim lawan juga membuat serangan balik tim Merah Putih mudah patah.

Gawang Indonesia akhirnya jebol di masa injury time tembakan keras Nguyen Hoang Duc dari luar kotak penalti yang mengarah ke kiri gawang Nadeo.

Vietnam nyaris memperlebar keunggulan lewat aksi Nyuyen Tien Linh yang sudah berhadapan langsung dengan Nadeo. Namun, tembakannya masih melambung dari mistar gawang. Timnas Indonesia pun harus rela takluk 1-2 dari Vietnam. Dengan hasil itu, maka Timnas Indonesia U-23 mengalami penurunan peringkat di klasemen sementara Grup B.  

Kegagalan meraih poin di pertandingan ketiga tersebut menempatkan Garuda Muda di peringkat ketiga klasemen sementara Grup B. Padahal, dalam dua laga sebelumnya Timnas Indonesia U-23 selalu bercokol di posisi kedua di bawah Vietnam.

Posisi Indonesia di peringkat kedua Grup B dikudeta Thailand yang menang 3-0 atas Singapura di pertandingan ketiga. Indonesia dengan Thailand memiliki poin sama, 6, hasil dua kemenangan dan satu kekalahan. Tetapi Thailand lebih unggul selisih gol dengan surplus delapan gol, sedangkan Indonesia hanya tiga gol.

Dengan berada di posisi ketiga klasemen sementara, maka Indonesia tidak aman meraih tiket ke semifinal. Guna menjaga peluang lolos ke babak berikutnya, Andy Setyo Nugroho dan kawan-kawan perlu berjuang keras di laga berikutnya.

Selain meraih kemenangan atas Brunei Darussalam dan Laos, Indonesia juga perlu menang dengan jumlah gol dan margin gol yang besar. Hal itu untuk menyaingi produktivitas gol Thailand. Tim asuhan Indra Sjafri juga masih punya kesempatan lolos ke semifinal dengan cara lain jika menang lawan Brunei dan Laos. Yaitu, berharap Thailand tidak menang atas Vietnam.

Kemenangan tersebut mengukuhkan posisi Vietnam di puncak klasemen sementara Grup B dengan poin sempurna, 9, dari tiga pertandingan.

Klasemen Sementara Grup B SEA Games 2019:

1. Vietnam 9
2. Thailand 6
3. Indonesia 6
4. Laos 4
5. Singapura 1
6. Brunei 0. (CNN/DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px