Log in

Kalah 7-3 Dari PSM Makassar, Pelatih Lao Toyota Bingung


Jakarta-aandalas Menelan kekalahan 7-3 melawan PSM Makassar di kandang PSM Makassar pada Grup H Piala AFC 2019, Pelatih Lao Toyota Bingung dengan Kekalahan telak tersebut. Pelatih Jun Fukuda sampai tidak mengerti apa yang terjadi pada timnya.

Dalam laga kedua Grup H yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (13/3), Lao Toyota sempat memberikan perlawanan di awal babak pertama dengan langsung membalas saat dibobol oleh Wiljan Pluim. Gol pertama Lao Toyota dibuat oleh Kazuo Homma.

Tapi setelah itu, Lao Toyota menjadi lumbung gol PSM. Saat laga berakhir, PSM memborong tujuh gol, termasuk satu gol lagi dari Wiljan, juga gol dari Eero Markkanen (2), Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, dan Marc Klok. Sementara, Lao hanya bsai menambah dua gol lagi dari Saison Khounsamnan dan satu gol lain oleh Kazuo.

Fukuda tak menyangka kebobolan begitu banyak gol. Dia belum bisa menerima hasil negatif dengan marjin yang cukup besar tersebut.  "Saya sendiri sampai sekarang belum tahu apa masalah sebenarnya. Saya akan analisis lagi, saya akan cek video, satu persatu saya analisis," ujar Fukuda usai laga.

"Hari ini, kami bermain lawan tim yang sangat bagus, PSM Makassar. Dan, hasilnya seperti tadi. Tapi, kami masih punya pertandingan-pertandingan selanjutnya dan kami akan mencoba terus positif," kata dia.

Berlaga di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Rabu (13/3/2019), PSM langsung tampil menyerang. Agresivitas PSM berbuah manis. Mereka berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-12.  Wiljan Pluim membuka skor bagi Juka Eja. Ia membobol gawang Lao Toyota lewat sepakan keras kaki kanan usai menerima sodoran bola dari Bayu Gatra.

Tapi, keunggulan PSM itu hanya bertahan dua menit. Tim tamu langsung membalas lewat gol yang dibuat oleh Kazuo Homma di menit ke-14. Kapten Lao Toyota ini menyamakan kedudukan 1-1 dengan memanfaatkan kesalahan koordinasi Beny Wahyudi dan Aaron Evans. Mendapatkan bola liar, Kazuo menembak ke arah gawang dan berhasil mengecoh Rivky Mokodompit.

Pada menit ke-21, skuat Darije Kalezic kembali memimpin lewat Zulham Zamrun. Gol ini bermula dari umpan terobosan Eero Markkanen yang menembus lini pertahanan Lao Toyota. Zulham, yang menempati posisi yang tepat, melakukan step over sebelum melepaskan sepakan keras. tembakan yang cukup kencang itu tak mampu diselamatkan oleh Outthilath Nammakhoth.

Unggul 2-1 membuat PSM makin gencar menyerang lini pertahanan wakil Laos tersebut. Juku Eja sebenanya memiliki peluang untuk memperlebar keunggulan saat mendapat penalti di menit akhir babak pertama. Penalti diberikan oleh wasit setelah pergerakan Bayu Gatra di kotak penalti Lao Toyota dilanggar oleh Thipphachanh Inthavong. Tapi, Marc Klok yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Tendangan pemain asal Belanda ini masih mampu dihadang dengan kaki oleh Outthilath Nammakhoth. Kegagalan Klok membuat skor 2-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, PSM akhirnya mampu menambah keunggulan. Pluim yang mendapat bola dikotak penalti mengecoh satu pemain belakang Lao Toyota. Ia lalu melepas sepakan terarah yang mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke-59.

Dua menit kemudian Juku Eja kembali mampu mencetak gol. Kali ini, gol dibuat lewat sundulan Markkanen. Dia menyambut umpan silang Zulham dari sisi kanan. Tak puas dengan keunggulan 4-1, PSM makin menjauh lewat gol kedua Markkanen di laga ini. Lepas dari perangkat offside usai menerima umpan Bayu Gatra, penyerang 27 tahun ini dengan mudah menggetarkan jala Lao Toyota.

Pada menit ke-76, tim tamu mampu memperkecil ketertinggalan mereka. Skor berubah menjadi 5-2 saat sepakan jarak jauh Rafinha yang menghujam kiri gawang PSM. Pemain pengganti, Ferdinand Sinaga, menambah keunggulan tim tuan rumah. Lewat sentuhan pertama di lapangan, ia mengelabuhi dua pemain Lao Toyota sebelum menaklukkan Outthilath.

Klok mengubah skor menjadi 7-2 di menit ke-85. Pemain asal Belanda ini mencetak gol lewat tendangan keras dari luar kotak penalti.

Laga ini kemudian ditutup dengan skor 7-3, setelah Kazuo mencetak gol di menit akhir laga memanfaatkan kesalahan lini belakang PSM. Hasil ini membuat PSM saat ini mengumpulkan empat angka dari dua laga di Piala AFC. Torehan tersebut membuat mereka berada di posisi kedua Grup H. Juku Eja hanya kalah selisih gol dari Kaya FC yang memuncaki klasemen.

Susunan Pemain:

PSM: Rivky ; Evans, Taufik Hidayat, Beny Wahyudi, Abdul Rahman;Pluim, Bayu Gatra, Zulham, Klok, Arfan; Markkanen.
Lao Toyota: Outthilath Nammakhoth; Ketsada Souksavanh, Saison Khounsamnan, Victor Amaro, Sayfa Aphideth; Rafinha, Somsavath Sophabmixay, Soma Otani, Thipphachanh Inthavong; Manolom Phetphakdy, Kazuo Honma. (DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px