Log in

Juventus Raih Scudetto ke 8 Kali


Juventus sekali lagi menjadi kampiun di Liga Italia musim ini. Bianconeri memastikan Scudetto untuk kedelapan kali berturut-turut usai mengalahkan Fiorentina 2-1 di Stadion Allianz, Sabtu (20/4). Dengan kemenangan itu Juventus mengunci gelar juara usai mengumpulkan 87 poin, unggul 20 poin dari rival terdekatnya Napoli. Partenopei tidak mungkin lagi bisa mengejar perolehan angka Juve, sekalipun berhasil menyapu bersih enam pertandingan sisa yang dimiliki.

Namun, pesta juara Juventus tampak tidak semeriah seperti sebelum-sebelumnya. Di alun-alun utama Turin, dilaporkan hanya sedikit fans yang bernyanyi dan berjoget untuk merayakan gelar juara tim kesayangan mereka. Masih banyak area kosong di lokasi karena tidak terisi penuh oleh Juventini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa gelar juara Liga Italia 'terlalu biasa' bagi Juventus, apalagi setelah berhasil mendatangkan Cristiano Ronaldo di musim panas. Publik Turin bisa jadi mengharapkan pasukan Massimiliano Allegri bisa mempersembahkan trofi juara Liga Champions, yang terakhir kali mampir pada 1996, atau 23 tahun silam.

Di musim 2018/19 ambisi Si Nyonya Besar mesti kembali kandas. Padahal awalnya Juventus digadang-gadang menjadi kandidat kuat juara setelah diperkuat Ronaldo, superstar yang menjadi kunci sukses Real Madrid memenangi Liga Champions dalam tiga musim beruntun.

"Ini adalah sebuah Scudetto dan perlu dirayakan, karena memang tidak mudah dimenangi. Kami mengamankan gelar dengan lima pertandingan sisa dan itu membuktikan betapa bagusnya musim kami. Kami sudah memenangi dua trofi tapi saya menyesal karena tersingkir di Liga Champions." kata Allegri usai kemenangan atas Fiorentina.

Namun, musim depan, Juventus akan kembali berlaga di Liga Champions, apakah bisa mengakhiri puasa gelar kompetisi antarklub se-Eropa paling elite itu.   Pada laga lawan Firentina, Juve sempat tertinggal gol cepat Nikola Milenkovic pada menit keenam. Namun, tuan rumah berhasil membalikkan keadaan lewat gol Alex Sandro dan bunuh diri bek lawan German Pezzella.

Hasil ini membuat Juventus mengoleksi 87 angka. Perolehan poin mereka sudah tidak mungkin dikejar tim peringkat kedua Napoli yang mengumpulkan 67 poin. Sementara itu, dua tim dari kota Milan sama-sama gagal meraih kemenangan atas timnya masing-masing. Mereka berdua sama-sama meraih hasil imbang. AC Milan tertahan 1-1 saat berkunjung ke markas Parma. Sedangkan Inter Milan harus puas bermain 1-1 kala menjamu AS Roma di Giuseppe Meazza.

Bertahan di Juventus

Sementara Cristiano Ronaldo memastikan akan bertahan di Juventus musim depan meski hanya meraih trofi Liga Italia 2018-2019. Menurut CR7, dirinya tetap menjalani musim yang bagus di Negeri Pizza bersama Si Nyonya Tua walau gagal memenuhi ambisi merengkuh gelar Liga Champions.

Penyerang berpaspor Portugal itu mencatat rekor sebagai pemain sepakbola pertama yang bisa juara di tiga liga besar Eropa, yaitu Inggris, Spanyol, dan Italia. Ronaldo mengakui, gelar juara liga keenam yang diraihnya itu sangat penting.

Ada pun keenam titel juara liga Ronaldo tersebut adalah tiga di Inggris, dua di Spanyol, dan satu di Italia. Walau gagal mengakhiri musim dengan trofi Liga Champions bersama tim barunya, pria berusia 34 tahun itu tetap menganggap sebagai kesuksesan tersendiri.

“Setelah memenangi liga di Inggris dan Spanyol, sekarang saya bisa bilang sudah menang juga di Italia. Trofi ini penting dan saya sangat senang. Ini adalah than yang sukses, saya sungguh bahagia. Anda tidak bisa selalu menang (Liga Champions) setiap tahun. Musim depan adalah cerita yang baru, penggemar menginginkannya, dan saya juga. Itu adalah trofi yang penting, tetapi cukup sulit diraih,” ujar Cristiano Ronaldo mantan pemain Manchester United, mengutip dari Football Italia, Minggu (21/4/2019). 

Juventus memang berambisi untuk kembali merasakan manisnya gelar Liga Champions. Sebab, Si Nyonya Tua terakhir kali membawa pulang trofi Si Kuping Besar pada 1995-1996 saat mengandaskan Ajax Amsterdam lewat adu penalti.

Ronaldo menandatangani kontrak selama empat tahun bersama Juventus yang berakhir pada 2022 mendatang. Klausul yang disepakati kedua pihak membuat tim lain bakal kesulitan membelinya dari Juve.

Setiap klub yang menginginkan Ronaldo harus siap merogoh kocek sebesar €100 juta atau sekitar Rp1,5 triliun. Juventus disebut tidak ingin mengalami kerugian jika ingin melepas Ronaldo.

Ronaldo kemungkinan besar kehilangan kesempatan meraih penghargaan Ballon d'Or 2019 usai Juve terhenti di perempat final Liga Champions. Sebab, pesaing abadinya Lionel Messi (Barcelona) masih bertahan di semifinal.   (BN/DTC/OKZ/CNN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px