Log in

Jelang APG 2018, Atletik Targetkan Raih Tiga Emas

Suasana latihan atlet para atletik di Stadion Sriwedari, Solo. Suasana latihan atlet para atletik di Stadion Sriwedari, Solo.

Jakarta-andalas Kontingen Indonesia cabang olahraga para atletik menargetkan minimal tiga medali emas di Asian Para Games 2018. Mereka optimistis target tersebut dapat terpenuhi.

Hal itu dikatakan langsung Pengurus Pelatnas Para Atletik, Slamet Widodo. Ia juga membeberkan atlet-atlet yang berpeluang meraih tiga emas tersebut. "Targetnya untuk sementara ini tiga (medali) emas, yang kita yakin seratus persen," kata Slamet, kemarin.

"Nomor-nomor andalannya adalah dari 100 meter T37 putra atas nama Sapto Purnomo, 100 meter T42 putri atas nama Kharisma Evi Tiarani, dan tolak peluru T20 putri atas nama Suparniati. Itu kita yakin seratus persen emas," lanjut dia.

Selain tiga emas tersebut, Slamet menyebut masih terdapat beberapa potensi medali perak maupun emas lainnya. Setelah melewati uji coba di Surabaya, timnya diperkirakan bisa menambah lima medali emas.

"Berdasarka uji coba tanding di Surabaya dengan PASI Jawa Timur, hasilnya bisa bikin lebih optimis. Dari target perak, mungkin bisa jadi emas, tapi masih 50:50. Kurang lebih lima (emas)," ujar Slamet.

Cabor para atletik sendiri dijadwalkan untuk diperlombakan mulai 8 Oktober 2018. Sebanyak 167 medali emas akan diperebutkan 714 atlet dari 39 negara yang sudah memastikan keikutsertaannya pada cabor tersebut.

Asian Para Games 2018 sendiri akan resmi dibuka dengan seremonial pembukaan pada 6 Oktober dan berlangsung hingga 13 Oktober. Sebanyak 568 medali emas akan diperebutkan dalam 18 cabang olahraga.

Kemenpora Janjikan Bonus

Sementara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berjanji akan memberikan bonus untuk atlet Asian Para Games 2018 secepat pencairan bonus di Asian Games 2018.

Sebelumnya, pemerintah memberikan bonus kepada atlet peraih medali di hari terakhir gelaran Asian Games 2018. Meski demikian, pemerintah juga memberikan bonus bagi pelatih, asisten pelatih, atlet berprestasi dan juga para atlet yang tak meraih medali.

Untuk Asian Para Games 2018, Kemenpora berjanji bakal memperlakukan hal yang sama seperti Asian Games 2018. Baik itu dalam hal nilai maupun kecepatan waktu pemberian bonus. "Ya, bonus akan diberikan sama cepat dan sama jumlahnya," kata Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

Gatot mengatakan persiapan Asian Para Games hingga saat ini berlangsung cukup baik. "Sejauh ini oke, kami mulai gas pol setelah Asian Games untuk Asian Para Games 2018. Karena sudah tidak ada waktu lagi. Atlet-atlet luar negeri akan mulai berdatangan pada pertengahan September," katanya menambahkan.

Saat ini para atlet Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan di Solo untuk Asian Para Games 2018. Menpora Imam Nahrawi berharap kontingen Indonesia bisa menempati peringkat tujuh besar klasemen. "Semoga bisa 16 sampai 18 medali emas," ucap Imam. (MTVN/CNNI)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 90%

Wind: 11.27 km/h

  • 21 Sep 2018 30°C 22°C
  • 22 Sep 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px