Log in

Italia Diimbangi Ukraina, Catatan Tak Menawan Mancini Berlanjut


Sosok Roberto Mancini bakal menjadi perbincangan hangat publik Italia. Hal itu terjadi setelah Italia gagal menekuk Ukraina pada laga persahabatan internasional di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Kamis (11/10) dini hari WIB.

Gol bomber Italia, Federico Bernardeschi pada menit ke-55 sempat membuka asa kebangkitan Italia. Sayang, tujuh menit berselang tim tamu membuat skor berimbang setelah Ruslan Malinovsky menaklukkan Gigi Donnarumma.

Hasil tersebut memerpanjang catatan rentetan gagal menang Italia. Sebelumnya, Italia belum meraih kemenangan di pentas UEFA Nations League. Mereka hanya meraup satu poin dari dua laga, yakni seri kontra Polandia dan takluk dari Portugal skor 0-1.

Selain itu, tak pernah menang pada empat laga kandang terakhir menjadi pengulangan sejarah. Sebelumnya, Italia pernah merasakan lima pertandingan tak pernah menang saat berstatus tuan rumah pada rentang 1923-1925.

Sisi positifnya, Italia tak pernah kalah dari Ukraina pada delapan pertemuan, dengan hasil 6 menang dan 2 seri, serta kebobolan tiga gol. Namun, penampilan Italia bakal tetap mendapat kritikan, terutama Roberto Mancini.

Italia turun dengan kekuatan terbaik. Mereka menempatkan trio lini depan, yakni Lorenzo Insigne, Federico Chiesa dan Federico Bernardeschi. Komposisi muda tersebut menjadi senjata baru Mancio.

Sayang, mereka tak bisa maksimal dalam penyelesaian akhir. Tampil menyerang, Italia sudah mengancam gawang Ukraina pada menit ke-5 melalui Bernardeschi. Dua menit berselang, giliran Federico Chiesa. Tekanan semakin gencar, terbukti Nicola Barella nyaris menjebol jala Ukraina.

Sayang, kiper Ukraina, Andriy Pyatov tampil gemilang, sehingga menggagalkan peluang tersebut. Ukraina bukan tanpa peluang. Mereka beberapa kali mengancam Donnarumma.

Pada menit ke-25, Yevhen Konoplyanka membuat fans tuan rumah was-was. Sepakan kaki kirinya berhasil dihalau. Begitu juga aksi Marlos, tiga menit berselang.

Gol bagi Italia datang pada menit ke-55. Sepakan kaki kiri Federico Bernardeschi gagal dijangkau Kiper Ukraina Andriy Pyatov. Namun, Ukraina mampu menyamakan skor tujuh menit kemudian lewat Ruslan Malinovsky. Sampai babak kedua berakhir, skor tetap imbang 1-1.

Hasil ini memperpanjang puasa kemenangan Italia menjadi lima pertandingan secara beruntun. Setelah menang 2-1 atas Arab Saudi pada Mei lalu, yang juga merupakan laga debut Roberto Mancini di kursi pelatih, Italia cuma dapat tiga hasil imbang dan dua kali kalah.

Serentetan hasil yang kurang sip itu membuat Mancini frustrasi. Ia pun berharap Italia bisa mengakhiri tren buruknya itu saat menghadapi Polandia di UEFA Nations League, Minggu (14/10) mendatang.

"Saya kesal karena tidak menang, begitu juga dengan semua orang. Positifnya adalah tim bermain bagus untuk waktu yang lama," ujar Mancini.

"Itu adalah pertandingan persahabatan, jadi semoga kami bisa mulai menang di hari Minggu. Fans jelas kesal ketika timnya tidak menang, tapi kami tidak boleh mendengarkan cemoohan. Kalau saja kami bikin gol lagi, semua orang akan senang dengan performa tim. Saya kira ini cuma soal hasil saja," katanya. (BC/DTK)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 10 Dec 2018 28°C 22°C
  • 11 Dec 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px