Log in

Inggris Menang 3-0 Atas AS


Laga Terakhir Rooney

Inggris menjamu Amerika Serikat dalam laga uji coba. The Three Lions sukses menerkam Amerika dengan skor 3-0 dalam laga terakhir Wayne Rooney. Pertemuan kedua tim berlangsung di Stadion Wembley, Jumat (16/11) dini hari WIB. Dalam laga ini Inggris tak memainkan Harry Kane, Raheem Sterling, dan Kyle Walker. Ketiganya cuma menjadi penghias bangku cadangan. Meski tanpa beberapa pemain utama, Inggris tak ada kesulitan mengatasi perlawanan Amerika. Inggris berhasil melesakkan gol pembuka di menit ke-25 lewat Jesse Lingard.

Gol bermula dari pergerakan Dele Alli di sisi kiri. Bola kemudian disodorkan ke Lingard, yang langsung melepaskan tembakan terukur di sudut kotak penalti. Inggris cuma butuh waktu dua menit untuk bisa menggandakan skor. Trent Alexander-Arnold sukses mencetak gol dari sudut sempit setelah menerima umpan sodoran Jadon Sancho. Amerika nyaris tak berkutik di babak pertama. Inggris terus menekan hingga turun minum, namun skor 2-0 tetap bertahan di 45 menit pertama. Beberapa pergantian dilakukan manajer Gareth Southgate pada babak kedua. Salah satunya dengan menarik Lingard untuk memainkan Wayne Rooney pada menit ke-58.

Mainnya Rooney ini adalah sebagian bentuk penghormatan Federasi Sepakbola Inggris (FA) kepada sang pemain berkat kontribusinya selama ini. Rooney sejatinya sudah pensiun dari Tim Nasional sejak 2017. Rooney tak mencetak gol dalam laga ini. Gol tambahan Inggris datang dari Callum Wilson di menit ke-77. Gol itu membuat Inggris menuntaskan laga dengan kemenangan 3-0. Wayne Rooney punya satu pesan sebelum resmi pensiun dari Timnas Inggris. Dia minta Harry Kane melewati rekor golnya di Tim Tiga Singa.

Bukan tanpa alasan mengingat Rooney adalah topskorer sepanjang masa Inggris dengan 53 gol selama memperkuat timnas sedari 2003. Kini beban beralih ke pundak Kane yang tak cuma jadi kapten tapi juga juru gedor baru Inggris. Kane sendiri memang adalah kapten Inggris saat finis posisi keempat di Piala Dunia 2018 dan merupakan pemain tertajam di sana dengan enam gol. Untuk Inggris, Kane sudah bikin 19 gol dari 34 caps. "Saya tak sabar untuk segera memberikan trofi itu kepadanya," ujar Rooney soal kemungkinan Kane memecahkan rekor golnya.

"Saya meminta Harry (Kane) untuk memberikan award itu kepada saya karena saya yakin dia bisa melewati catatan gol saya di timnas," sambungnya. Jika melihat rataan gol Kane selama memperkuat Inggris, hal itu takkan sulit digapai dalam waktu dekat. Sedari debut di 2015, rasio gol Kane selalu meningkat setiap tahunnya. Dia bikin tiga gol, lalu sempat turun ke dua gol, tapi meningkat ke tujuh gol di 2017 dan 2018. Bahkan Kane masih berpeluang menambah gol karena Inggris akan menjamu Kroasia pada laga UEFA Nations League besok. "Menyenangkan rasanya bisa berada di depan fans lagi dan ini spesial untuk saya serta keluarga," tutupnya. (DTK)

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 17 Dec 2018 28°C 22°C
  • 18 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px