Log in

Indra Sjafri: Target Indonesia U-19 Masuk Piala Dunia

Pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri Pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri

Tantangan berat bakal dihadapi Timnas Indonesia U-19 setelah finis di peringkat ketiga di Piala AFF U-19 2018. Mereka bakal tampil di Piala Asia U-19 2018 yang dimulai 18 Oktober hingga 4 November 2018 di tiga kota di Indonesia.

Jakarta dan Jawa Barat akan menjadi kota penyelenggara Piala Asia U-19 2018. Tiga stadion yang disiapkan adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari, dan Stadion Patriot.

Di ajang tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri, mematok target lolos ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Hal itu berarti, Garuda Nusantara ingin masuk ke semifinal atau empat besar untuk bisa mendapat jatah tersebut.

"Target besar kami dapat lolos ke Piala Dunia U-20 melalui Piala AFC. Ajang ini semakin jelas bagi kami, tim pelatih, untuk mengetahui komposisi terbaik atau gambaran pemain-pemain yang nantinya akan dibawa ke Piala AFC nanti," ungkap Indra.

Dalam sejarah Piala Dunia U-20, Indonesia hanya pernah tampil sekali, yaitu pada edisi 1979 di Jepang. Terakhir, peluang untuk kembali berpartisipasi di ajang tersebut sempat muncul pada 2014.

Saat itu, Timnas Indonesia U-19 yang dipimpin Evan Dimas juga Tampil di Piala AFC 2014 di Myanmar. Hanya, Indonesia bahkan gagal lolos dari fase grup yang juga berisikan Australia, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Setelah Piala AFF U-19 2018, Timnas Indonesia U-19 punya waktu sekitar 2,5 bulan untuk melakukan persiapan menuju Piala Asia U-19 2018. Indra mengaku bakal mengadakan pemusatan latihan selama rentang waktu tersebut agar semakin matang.

"Kami punya waktu dua setengah bulan untuk mempersiapkan tim ini jadi lebih siap dari yang sekarang. Kami berharap semua pemain juga siap dan mendapat izin dari klub masing-masing," imbuh Indra.

Di sisi lain, Indra tidak ingin membandingkan Timnas Indonesia U-19 era sekarang dengan skuad yang dimiliki pada era Evan Dimas. Indra berharap Timnas Indonesia U-19 sekarang bisa lebih hebat dibanding saat era Evan Dimas.

Jika dibandingkan dengan era Evan Dimas, prestasi Timnas Indoneisa U-19 memang mengalami penurunan, namun Indra Sjafri menilai Timnas Indonesia U-19 sekarang memiliki kualitas yang lebih hebat.

"Saya ingin Witan Sulaiman dkk ini jauh lebih hebat dari yang lalu, mungkin para nitizen membayangkan gelandang saat ini seperti era trio Hargi, Evan dan Zufiandi. Namun saat ini tinggal menunggu waktunya saja supaya mereka lebih matang, nanti akan kita lihat," ucap Indra.

Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga Piala Asia U-19 2018 di Grup A bersama Uni Emirates Arab, Qatar, dan Taiwan. Di laga perdana, Garuda Nusantara akan menghadapi Taiwan pada 18 Oktober.

Timnas Indonesia U-19 sendiri mendapat jatah untuk bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Bila lolos ke fase knock-out, Tim Merah-Putih juga akan bermain di stadion yang terletak di kawasan Senayan ini.

Piala Asia U-19 sendiri juga menjadi ajang kualifikasi Piala Dunia U-20 2019. Tiket ke turnamen tersebut akan direbut Tim Merah-Putih bila berhasil lolos ke babak semifinal. (BC/BLC)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 93%

Wind: 6.44 km/h

  • 16 Aug 2018 30°C 23°C
  • 17 Aug 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px