Log in

Imbang Lawan Juru Kunci, Arsenal Gagal ke Posisi Tiga


Arsenal gagal merangsek ke posisi tiga klasemen sementara setelah ditahan imbang 2-2 oleh tim tuan rumah Watford dalam laga pekan ke-5 Liga Inggris di Stadion Vicagare Road, Minggu (15/9) malam.

Arsenal yang datang tanpa diperkuat Alexander Lacazete justru sempat unggul dua gol pada babak pertama. Pierre-Emerick Aubameyang mencatatkan dwigol pada menit ke-21 dan 32. Namun pada babak kedua, Tom Cleverley dan Maxi Pereyra memupus kemenangan Meriam London di menit 53 dan 81.

Sepanjang laga, Watford berhasil menguasai jalannya pertandingan. Di 15 menit awal mereka bahkan mampu mengurung pertahanan David Luiz dan kawan kawan.

Aubameyang yang mendapat sodoran dari Kolasinac tak menyia-nyiakan umpan dan langsung melepaskan sepakan yang tidak bisa dibendung Ben Foster. Arsenal unggul terlebih dahulu 1-0. Sebelas menit berselang, Aubameyang kembali mencatatkan namanya di papan skor dan menegaskan bahwa ia menjadi salah satu penyerang berbahaya di liga Inggris. Hingga turun minum skor 2-0 untuk keunggulan Arsenal.

Pada babak kedua, Watford langsung tampil menekan untuk mengejar ketertinggalan 2-0. Sokratis melakukan aksi blunder pada menit ke-54. Operan Sokratis bisa diblok Deulofeu dan mengarah ke kaki Cleverley, sepakannya dengan mudah merobek jala gawang Leno. Di menit ke-81, Arsenal diganjar hukuman penalti usai Roberto Pereyra dijatuhkan David Luiz.

Pereyra yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan itu dan berhasil mengelabui Leno. Pada menit akhir, Abdoulaye Doucoure hampir kembali merobek gawang Arsenal. Namun Leno melakukan menyelamatan gemilang dan hingga peluit berakhir skor imbang 2-2.

Dengan hasil ini Arsenal gagal merangkak ke posisi tiga menggeser Tottenham Hotspurs dan tetap bertengger di posisi tujuh klasemen sementara Liga Inggris dengan mengumpulkan poin delapan. Sementara Watford tetap menghuni juru kunci dengan dua poin.

Arsenal yang bermain buruk di babak kedua saat ditahan imbang 2-2 oleh Watford. Lini belakang The Gunners dinilai bermain seperti anak sekolahan.

The Gunners sebetulnya unggul lewat dua gol yang diciptakan Pierre-Emerick Aubameyang. Namun permainan Arsenal langsung jeblok di babak kedua. Watford akhirnya bangkit dan mencetak dua gol melalui Tom Cleverley dan penalti Roberto Pereyra. Pertahanan Arsenal pun menjadi sorotan. Sokratis Papastathopoulos membuat blunder yang berujung gol pertama Watford.

Tekel David Luiz terhadap Pereyra membuahkan tendangan penalti yang berujung pada gol penyama kedudukan Watford. Selain itu, Arsenal terlalu mudah membiarkan para pemain Watford melepaskan tembakan. Whoscored mencatat Watford berhasil melepaskan 31 tembakan ke gawang Bernd Leno, 23 diantaranya terjadi di babak kedua lanjutan Liga Inggris.

Mantan bek tengah Arsenal, Martin Keown, mengkritik pertahanan bekas timnya dan menyebut Arsenal bermain layaknya sekumpulan anak sekolah.

"Saya berteriak beberapa kali saat menonton Arsenal di babak kedua saat seri melawan Watford," tulis Keown.

"Dari yang awalnya unggul 2-0, Arsenal malah memberikan kesempatan Watford untuk kembali bisa meraih poin dengan cara yang paling naif, yakni kebobolan saat mencoba membawa bola keluar dari kotak penalti setelah goal-kick."

"Yang membuatnya kebih buruk lagi, tim asuhan Unai Emery tidak bisa bereaksi dengan baik saat ada yang salah dari mereka. Mereka malah semakin tidak terintegrasi," kata Keown.

Keown pun mendesak Emery untuk segera mengembalikan kepercayaan diri para pemainnya, disamping memastikan mereka bisa memahami cara bermain yang diinginkan Emery.

"Emery tahu dia harus mengembalikan kepercayaan diri dalam hati dan pikiran para pemainnya. Dia harus memperbaiki kesalahan para pemain Arsenal, dan juga mencari tahu apakah mereka telah bermain sesuai dengan keinginannya. Sebab rasanya seperti melihat anak sekolahan saat mereka berusaha membawa bola dari lini belakang," tukasnya. (ANT/DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px