Log in

Gagal Juara Liga Eropa, Arsenal Target Liga Champions


Arsenal hanya finis di posisi lima Liga Inggris 2018-2019 yang  membuat The Gunners dipastikan tak dapat ambil bagian di Liga Champions 2019-2020. Meski begitu, Arsenal masih bisa mentas di Liga Champions 2019-2020 asalkan menjuarai Liga Eropa 2018-2019. Sekadar diketahui, Arsenal akan menghadapi Chelsea pada partai puncak yang dilangsungkan di Stadion Olympic Baku, Rabu 29 Mei 2019 sore WIB.

Akan tetapi, Arsenal juga masih berkesempatan ambil bagian di Liga Champions musim depan meski gagal menjadi yang terbaik di Liga Eropa. Hal itu terjadi jika Manchester City yang berstatus sebagai kampiun Liga Inggris 2018-2019, terkena hukuman dari Federasi Sepakbola Eropa (UEFA). Man City dinilai melakukan pelanggaran finansial pada 2015. Saat itu, Man City melakukan kesepakatan dengan perusahaan penerbangan asal Uni Emirat Arab, Etihad. Dalam kesepakatan itu, Man City menerima 67,5 juta pounds atau sekira Rp1,2 triliun.

Ternyata menurut kabar yang beredar, Man City hanya menerima 8 juta pounds dari Etihad. Kemudian, sisanya ditalangi pemilik The Citizens, Sheikh Mansour. Hal itu dilakukan petinggi Man City agar mereka mendapat pemasukan lebih dan terhindar dari hukuman UEFA. Jika terbukti bersalah, Man City tidak dapat tampil di Liga Champions selama satu musim. Paling cepat, tak dapat mengambil bagian di Liga Champions 2019-2020.  Sesuai regulasi, tim peringkat lima akan mendapat berkah jika Man City terkena hukuman. Karena itu, Arsenal dapat tampil di Liga Champions 2019-2020 meski gagal menjuarai Liga Eropa musim ini. 

Disisi lain, Chelsea akan berhadapan dengan Arsenal di final Liga Europa musim ini. Pat Nevin mengatakan kepada para pemain The Blues kalau mereka tidak perlu takut dengan The Gunners. Pasukan Maurizio Sarri akan menantang Arsenal, melaju ke final setelah mengalahkan Eintracht Frankfurt lewat adu penalti di Stamford Bridge.

The Blues finis di posisi ketiga di Premier League musim ini. Dengan demikian, berhasil mengamankan tempat di Liga Champions untuk musim depan. Sementara itu, Arsenal sudah dipastikan gagal ke Liga Champions musim depan. Mereka finis di posisi kelima dan akan berusaha menjuarai Liga Europa untuk mendapatkan tiket ke Liga Champions.

Legenda Chelsea, Nevin mengungkapkan kalau The Blues harus menghormati Arsenal, namun, mereka tidak perlu takut dengan The Gunners. "Saya berharap kelelahan yang terbukti pada beberapa pemain akan teratasi pada saat kami tiba di Azerbaijan. Jika kami bisa berjalan ke stadion itu dan mendekati penampilan terbaik kami maka tidak perlu takut kepada Arsenal.  Hormati mereka dan striker mereka, ya, tapi takut pada mereka? Tidak. Lihatlah klasemen liga, lihat akhir dari musim kami yang jauh dari sempurna, tetapi dibandingkan dengan mereka, itu lebih baik." tulis Nevin di situs resmi klub.

Dilansir dari The Telegraph mengatakan, musim ini adalah musim yang hebat bagi Arsenal dibawah bimbingan seseorang selain Arsene Wenger dalam 22 tahun. Unai Emery mengambil alih dan memulainya dengan baik, tetapi akhirnya kehilangan empat besar hanya dengan satu poin setelah serangkaian penampilan buruk menjelang akhir musim. (OKZ/BN/Tel)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px