Log in

Ditahan Swedia, Italia Gagal ke Piala Dunia 2018

Sejumlah pemain Italia tampak kecewa dan tergeletak di atas lapangan usai ditahan imbang Swedia 0-0 pada laga leg kedua playoff Piala Dunia 2018 di San Siro, Selasa (14/11) dini hari WIB. Sejumlah pemain Italia tampak kecewa dan tergeletak di atas lapangan usai ditahan imbang Swedia 0-0 pada laga leg kedua playoff Piala Dunia 2018 di San Siro, Selasa (14/11) dini hari WIB.

Italia bermain 0-0 kontra Swedia pada laga leg kedua playoff Piala Dunia 2018 di Stadion San Siro, Selasa (14/11/) dini hari WIB. Hasil itu memaksa Italia mengubur mimpi bermain di Piala Dunia karena kalah agregat 0-1 dari sang lawan.

Skuat Gian Piero Ventura memiliki ambisi besar membalik defisit gol. Italia pun langsung tancap gas sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan.

Swedia pun memilih bermain bertahan dan menerapkan skema serangan balik. Italia lantas mengeksploitasi pertahanan sang lawan lewat berbagai area di atas lapangan.

Peluang emas pertama Italia lahir ketika waktu baru memasuki menit keenam. Namun, bola hasil sepakan Alessandro Florenzi belum dapat berbuah positif.

Italia terus melancarkan serangan lewat Ciro Immbolie hingga Antonio Candreva. Akan tetapi, hingga babak pertama berakhir skor kacamata masih bertahan.

Memasuki babak kedua, Italia langsung membangun serangan. Pada menit ke-64, Italia mendapat kesempatan mencetak gol melalui Immobile. Namun, bola hasil tendangan sang pemain masih melebar di sudut kiri gawang Swedia.

Pupus harapan Italia. Wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Gli Azzurri dipastikan tak akan tampil di Rusia. Sebaliknya, Swedia merayakan pesta setelah menyabet satu tiket ke Piala Dunia 2018 dari fase playoff kualifikasi zona Eropa.

Ini merupakan sejarah terkelam sepak bola Italia sejak 60 tahun silam. Gli Azzurri mengulangi pengalaman kelam yang absen di Piala Dunia 1958 karena gagal pada kualifikasi di zona Eropa pada 1957.

Kegagalan ke Piala Dunia 2018, Kiper Italia Gianluigi Buffon tak dapat menutupi kekecewaannya. Buffon harus mengubur impiannya tampil di Piala Dunia 2018 untuk keenam kalinya.

"Itu mengecewakan. Bukan untuk saya, tapi untuk keberlanjutan sepak bola, karena kami meraih sesuatu yang benar-benar penting bagi negara kami," ujar Buffon, seperti dilansir Football Italia.

Saat peluit panjang dibunyikan wasit, Buffon tampak menangis. Ia terpaksa mengakhiri kariernya bersama timnas dengan menyedihkan. Padahal sebelumnya, ia bertekad pensiun usai gelaran Piala Dunia 2018.

"Cuma itu penyesalan saya, bukan karena saya akan pensiun. Karena waktu terus berjalan dan itu sudah pasti. Hanya saja itu memalukan pertandingan resmi saya berakhir dengan kegagalan lolos Piala Dunia," kata kiper Juventus itu.

Tidak hanya Buffon, bek Giorgio Chiellini juga menyatakan pensiun dari Timnas Italia. Bek Juventus itu mencatatkan 95 caps bersama Gli Azzuri sejak tergabung pada 17 November 2004.

"Selama tiga tahun terakhir kami ditanya soal rasa cinta untuk tidak pernah meninggalkan timnas. Italia akan memulai lagi dengan Marco Verratti dan banyak pemain lainnya yang lahir di tahun 1990-an, yang akan matang di Piala Eropa berikutnya," ujar Chiellini.

Chiellini sudah legawa dengan kekalahan timnya. Ia menyebut Swedia layak lolos dan tidak mau menyalahkan ketidakberuntungan. "Kami sudah melakukan yang terbaik, tapi nyatanya itu tidak cukup. Mereka mendapatkan yang lebih daripada kami," tutur bek berusia 33 tahun itu. (BC/CNNI)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px