Log in

Didier Deschamps: Final Harus Kami Menangi

Pemain Prancis Samuel Umtiti (kananI bersama rekannya merayakan kemenangan atas Belgia pada babak semifinal di Stadion St Petersburg, Rabu (11/7) dini hari WIB. Gol Umtiti mengantarkan Prancis lolos ke final Piala Dunia 2018. Pemain Prancis Samuel Umtiti (kananI bersama rekannya merayakan kemenangan atas Belgia pada babak semifinal di Stadion St Petersburg, Rabu (11/7) dini hari WIB. Gol Umtiti mengantarkan Prancis lolos ke final Piala Dunia 2018.

Prancis lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah menang 1-0 atas Belgia pada babak semifinal di Arena St Petersburg, Rabu (11/7) dini hari WIB. Gol kemenangan Les Bleus dicetak Samuel Umtiti di babak kedua.

Pelatih Prancis Didier Deschamps memuji karakter tim mudanya setelah mereka menang 1-0 atas Belgia, untuk menyiapkan pertemuan di semifinal Piala Dunia melawan Inggris atau Kroasia di Moskow.

Tandukan Umtiti pada menit ke-51 membawa Prancis menuju final, di mana mereka akan mengincar gelar keduanya sejak 1998 ketika Deschamps menjadi kapten di kandang sendiri. "Ini luar biasa," kata Deschamps saat diwawancarai di tepi lapangan.

"Saya sangat gembira untuk pemain-pemain saya, kami memperlihatkan karakter dan mentalitas yang tepat, ini sangat berat untuk kami pada malam ini. Kami bekerja keras saat bertahan."

"Kami harus mengambil lebih banyak keuntungan pada serangan-serangan balik, namun selamat kepada para pemain dan staf saya. Saya merasa sangat bangga untuk grup saya," unagkap Deschamps.

Setelah lolos ke final, Deschamps, juga berambisi untuk memenangi partai final Piala Dunia 2018. Dia ingin menuntaskan misi yang gagal diwujudkan pada Piala Eropa 2016.

"Partai final (Piala Dunia 2018) harus dimenangi karena kami belum melakukannya saat kami kalah dua tahun lalu," ujar Deschamps.

Prancis gagal menjadi juara Piala Eropa 2016 setelah kalah 0-1 dari Portugal. Pada saat itu, Les Blues takluk akibat gol Eder pada menit ke-109.

Ada beberapa pemain Prancis yang tampil di final dan kini masih bermain di Piala Dunia 2018. Mereka adalah Hugo Lloris, Samuel Umtiti, Paul Pogba, Blaise Matuidi, Antoine Griezmann dan Olivier Giroud.

Prancis masih menunggu lawan di final Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, 15 Juli 2018. Mereka akan berhadapan dengan pemenang laga semifinal antara Inggris kontra Kroasia.

Sementara itu, Pelatih Belgia Roberto Martinez, tidak mencari "kambing hitam" atas kekalahan timnya 0-1 dari Prancis. Hasil ini memupuskan harapan Belgia untuk melaju ke final Piala Dunia untuk kali pertama sepanjang sejarah mereka.

"Pertandingan tadi berjalan sengit. Tidak ada banyak momen krusial yang bisa menentukan pertandingan. Saya merasa kami bermain dengan tempo lebih baik dan lebih kuat pada babak kedua. Namun, kami justru kebobolan dari situasi sepak pojok," kata Martinez.

"Perbedaan antara kemenangan dan kekalahan hanya karena satu situasi bola mati. Pertandingan tadi jelas seimbang. Mereka mengandalkan kecepatan para pemainnya untuk melancarkan serangan balik. Kami juga memberikan pujian atas pertahanan kukuh Prancis," lanjut Martinez.

Kekalahan ini membuat Belgia harus puas memainkan laga perebutan tempat ketiga menghadapi Inggris atau Kroasia. Adapun pada partai final, Martinez memberikan dukungan bagi Prancis.

"Saya bangga dengan kinerja para pemain kami. Kami telah memberikan segalanya. Kami juga mengucapkan selamat kepada Prancis dan semoga mereka sukses di final," kata Martinez. (BC/ANT)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Showers

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 14 Dec 2018 27°C 22°C
  • 15 Dec 2018 29°C 21°C

Banner 468 x 60 px