Log in

Belanda Taklukkan Peru, Kado Manis Perpisahan Sneijder

Pemain Belanda Wesley Sneijder diangkat rekanrekannya di akhir laga uji coba melawan Peru, Jumat (7/ 9) dini hari WIB. Laga ini merupakan laga terakhirnya bersama timnas Belanda. Pemain Belanda Wesley Sneijder diangkat rekanrekannya di akhir laga uji coba melawan Peru, Jumat (7/ 9) dini hari WIB. Laga ini merupakan laga terakhirnya bersama timnas Belanda.

Wesley Sneijder menjalani laga terakhirnya di timnas Belanda melawan Peru pada laga uji coba, Jumat (7/9) dini hari WIB. Laga perpisahan Sneijder itu berakhir manis setelah Belanda meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Sneijder merasakan perasaan yang emosional pada laga terakhirnya tersebut. Setelah laga, ia mendapat perlakuan khusus. Bersama keluarganya, Sneijder mendengarkan testimoni dari mantan rekan-rekan dan pelatihnya, seperti Dirk Kuyt, Arjen Robben, Louis van Gaal, Rafael van der Vaart, Jose Mourinho dan masih banyak lainnya.

Sneijder pun mengungkapkan kalau ia akan merindukan menggunakan baju oranye untuk mewakili negaranya. “Bermain untuk Belanda adalah hal yang paling hebat dalam karier saya. Saya merasakan pengalaman yang sangat fantastis, terutama ketika kami tampil dalam turnamen internasional. Saya akan sangat merindukan sensasi tersebut,” ujar Sneijder.

Selama membela timnas Belanda, Sneijder telah mencatatkan 134 penampilan dan menyumbang 31 gol. Sneijder mencatatkan debut bersama timnas Belanda pada 30 April 2003. Saat itu, De Oranje menghadapi Portugal.

Sneijder juga mencatatkan dirinya sebagai pemain yang paling banyak tampil untuk timnas Belanda. Ia melewati catatan Edwin van der Sar yang tampil sebanyak 130 kali untuk Belanda.

Saat ini, Wesley Sneijder masih berkarier bersama klub asal Qatar, Al-Gharafa. Sneijder pernah memperkuat sejumlah klub top Eropa, termasuk Ajak, Real Madrid, dan Inter Milan. Ia mengumumkan pensiun dari timnas pada 4 Maret lalu.

Menghadapi Peru di markas sendiri, Stadion Johan Cruyff Arena, Belanda sangat percaya diri. Tim besutan Ronald Koeman tersebut mampu menguasai bola sebanyak 59 persen sepanjang laga.

Kendati dominan, Wesley Sneijders dan kawan-kawan kesulitan mengembangkan permainan. Pada menit ke-13 Peru bahkan mampu mencuri gol terlebih dahulu. Adalah Pedro Aquino yang membobol gawang Jasper Cillessen lewat tandukan kerasnya. Peru unggul 1-0 di babak pertama.

Pada babak kedua, Belanda bermain lebih tenang dan tertata. Setelah menekan bertubi-tubi, Memphis Depay membuat gol pada menit ke-60. Berawal dari umpan akurat pemain muda berbakat Frenkie De Jong, Depay berhadapan satu lawan satu dengan kiper dan membobol gawang Peru.

Gol ini memicu semangat Der Oranje. Setelah membuat beberapa peluang, Depay sukses mencetak brace pada menit ke-83. Depay pun mengukir catatan tersendiri. Sejak gol pertamanya di timnas 2014, Depay telah membuat 11 gol dan 8 assists, paling banyak ketimbang pemain Belanda lain. (MTVN/DTK/BC)

25°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 14 Nov 2018 27°C 22°C
  • 15 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px