Log in

Bawa 28 Pemain TC ke Thailand, Tae-yong: Klub Harus Berkorban untuk Timnas


Jakarta-andalas Shin Tae-yong berharap tidak ada penolakan klub ketika pemainnya dipanggl ke Timnas Indonesia. Kalaupun harus terjadi, Shin akan membicarakan baik-baik dengan PSSI dan klub.

Shin resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Indonesia menyusul performa buruk tim bersama Simon McMenemy. Lima kekalahan dari lima pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 jadi alasannya.

Saat itu Simon mengkritik otoritas liga yang dianggap tidak becus dalam menyelaraskan jadwal dengan federasi dalam hal ini PSSI. Pasalnya Liga 1 masih tetap berjalan di tengah kalender internasional.

Maka dari itu Simon mengaku tidak bisa maksimal mempersiapkan skuatnya karena ada saja pemain pilihannya yang ditahan oleh klub. Hal seperti ini sudah lama terjadi dan menimpa pelatih-pelatih sebelumnya, termasuk Luis Milla di level timnas U-22, sementara PSSI seperti membiarkan begitu saja.

Ada peluang Shin sebagai pelatih baru akan merasakan pengalaman tak menyenangkan seperti ini. Ini tentu bisa jadi preseden buruk mengingat Shin sebelumnya bebas memilih siapapun pemainnya saat masih melatih Korea Selatan.

Bahkan pemain Korea yang sebagian besar merumput di liga-liga Eropa dapat dipanggil dengan mudah. Terkait situasi yang mungkin saja ditemui dalam perjalanannya di Indonesia, Shin meminta semua pihak terutama klub untuk mengutamakan timnas.

Dia bahkan mencontohkan ada klub lokal yang bakal kena sanksi jika menolak melepas pemainnya.

"Jujur, sebelumnya tidak pernah terpikirkan, karena di Korea Selatan tidak pernah terjadi seperti itu. Di Korea kalau dipanggil dan dari klub tidak mau berikan pemainnya, akan kena sanksi," papar Shin  di Gran Zuri Hotel, Cikarang.

"Kalau terjadi masalah itu saya bakal diskusi dengan PSSI dan klub. Harusnya klub berkorban juga untuk negara Indonesia," lanjutnya.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan 28 pemain lolos seleksi tim nasional U-19 yang akan berangka ke Thailand untuk mengikuti pemusatan latihan (TC).

"Pemain yang terpilih saat ini mereka yang benar-benar siap dan tidak mengalami cedera. Mereka juga adalah yang terbaik dari semua pemain seleksi," ujar manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-Yong, di Jakarta, Sabtu.

Menurut pria asal Korea Selatan itu, semua pemain seleksi yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, sejatinya sudah menunjukkan penampilan yang bagus dan terus menunjukkan perkembangan.

Shin sendiri menjadikan pertandingan internal sebagai metode utamanya untuk mencari pesepak bola paling unggul dari semuanya.

Seleksi timnas U-19 dipantau oleh Shin Tae Yong dibantu oleh pelatih timnas U-19 Gong Oh Kyun serta asistennya, Nova Arianto. Sahari Gultom serta asisten pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri juga ikut membatu kegiatan tersebut

Adapun TC di Thailand akan digelar di Chiang Mai pada 20 Januari-1 Februari 2020. Selain berlatih, timnas U-19 rencananya akan bertanding menghadapi beberapa tim lokal dan klub dari Korea Selatan.

Terkait pemain yang lolos seleksi, beberapa nama adalah mereka yang pernah memperkuat tim nasional Indonesia baik di level umur U-16, U-19 dan U-22 seperti Amiruddin Bagas, Sutan Zico, Rizky Ridho dan Witan Sulaeman.

Pada tahun 2020, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19, yang waktunya belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Setelah itu, skuat berjuluk Garuda Nusantara bersiap untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021.(dtc/ant)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px