Log in

Balas Dendam, China Bungkam Indonesia U-19


Jakarta-andalas Timnas Indonesia U-19 gagal mengulangi kemenangan saat laga uji coba melawan China, Minggu (20/10) di Stadion I Wayan Dipta. Tim Garuda Muda takluk dengan skor 1-3.

Timnas Indonesia U-19 tertinggal lebih dulu saat laga baru berjalan tujuh menit lewat gol pemain nomor punggung 7 milik China U-19, Qianglong Tao. Gelandang China U-19 itu datang dari lini kedua dan memaksimalkan umpan yang dilepaskan oleh striker Junxian Liu.

Tertinggal satu gol tak membuat tim asuhan Fakhri Husaini itu langsung melemah. Rendy Juliansyah dkk. terus berusaha untuk memberikan tekanan kepada China U-19.

Tertinggal 0-1 di babak pertama, Timnas Indonesia U-19 berusaha tampil lebih menekan sejak awal babak kedua. Fakhri Husaini pun mulai memasukkan beberapa pemain terbaiknya, seperti Beckham Putra Nugraha dan Bagus Kahfi yang sebelumnya dicadangkan dalam 45 menit pertama.

Kesabaran Timnas Indonesia U-19 terbayarkan lewat gol yang dicetak Bagus Kahfi pada menit ke-74. Bagus Kahfi mencetak gol dari jarak dekat setelah menerima umpan dari Serdy Ephy Fano Boky yang melakukan penetrasi dari sisi kiri hingga ke dalam kotak penalti China.

Sayangnya, China mampu kembali meraih keunggulan dengan cepat. Tepatnya pada menit ke-78, gawang Timnas Indonesia U-19 harus bobol untuk kedua kalinya. Kali ini giliran Aisikaer Aifeierding yang menanduk bola memanfaatkan situasi sepak pojok. Tandukan yang dilepaskannya tak mampu diadang oleh kiper Timnas Indonesia U-19 dan membuat kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan China.

Dalam masa injury time, China U-19 justru berhasil menambah keunggulan menjadi 3-1. Pencetak gol pertama China, Qianglong Tao, kembali mencetak gol setelah berlari sendirian di area pertahaan Timnas Indonesia U-19. Dengan tenang gelandang China U-19 itu menjebol gawang Tim Garuda Muda.

Meski Timnas Indonesia U-19 sempat mengancam lagi gawang China di sisa waktu yang ada, tak ada gol tambahan yang tersisa. Tim asuhan Fakhri Husaini itu pun harus mengakui keunggulan China dalam pertandingan kali ini.

Saat ini Timnas Indonesia U-19 masih memiliki 26 pemain yang dipersiapkan untuk kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Pelatih Fakhri Husaini perlu mencoret tiga nama untuk skuat akhir timnya.

Sesuai regulasi, setiap kontestan hanya diperbolehkan mendaftarkan 23 pemain. Nah, Timnas Indonesia U-19 saat ini masih bersiap melakoni laga uji coba kontra China U-19 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu sore (20/10).

“Setelah kami melihat perkembangan tim ini, bisa jadi pengumuman 23 pemain itu setelah laga, atau bisa jadi menjelang kami tampil di kualifikasi Piala AFC. Sepanjang pengumuman itu tidak menyalahi peraturan AFC,” ungkap Fakhri.

Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup K bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste. Empat tim tersebut akan memperebutkan tiket lolos ke putaran final dalam kualifikasi yang berlangsung di Jakarta pada 6-10 November 2019.

Fakhri mengaku sudah mulai memiliki gambaran untuk skuat akhir nanti. Namun, dia akan memberi kesempatan kepada para pemainnya untuk unjuk kebolehan lagi saat uji coba melawan China U-19.

“Persaingan di antara mereka sejauh ini cukup kompetitif. Ada beberapa pemain yang mungkin saya perlu waktu untuk melihat mereka lagi. Tapi, ini justru baik buat mereka supaya bisa memilih pemain yang betul-betul yang terbaik untuk tim ini,” imbuh Fakhri.

Seperti diketahui, sebelumnya Timnas Indonesia U-19 sudah menjalani rentetan laga uji coba di Jakarta. Paling anyar, mereka menang 3-1 atas China U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (17/10).(Lip6/BOLA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px