Log in

Asian Games 2018, Menpora Ingin Indonesia Masuk 10 Besar

Menpora Imam Nahrawi mengisi rapat koordinasi Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat (12/1). Menpora Imam Nahrawi mengisi rapat koordinasi Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat (12/1).

Jakarta-andalas Indonesia menargetkan masuk 10 besar di ajang Asian Games 2018 mendatang. Demikian diutarakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawai saat rapat koordinasi di Kantor Kemenpora, Jumat (12/1). "Target kami harapkan bisa 10 besar tetapi dari cabor (cabang olahraga) mana, nomor event mana, paling cepat bulan Juni akan kami sampaikan," ujar Imam.

Imam beralasan, dirinya enggan mengumumkan detail cabor mana yang dibebankan medali karena tak ingin mengganggu psikologis atlet cabor tersebut menjelang mengikuti Asian Games 2018.

Ketimbang memberi beban psikologis, Imam mengaku akan lebih baik mengurusi soal non teknis yang belum diselesaikan. "Lebih-lebih soal atlet ada soal non teknis yang harus disupport. Misalnya soal psikologis, kesehatan,cedera dan sebagainya," kata Imam.

Misi 10 besar di Asian Games diyakini bukan hal yang mudah untuk dicapai. Apalagi melihat prestasi Indonesia di SEA Games Malaysia lalu dimana perolehan medali sangat rendah sepanjang sejara.

Di tempat yang sama, Deputi IV Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi, Mulyana mengatakan, pihak Kemenpora bakal terus mengevaluasi persiapan cabor-cabor untuk Asian Games. Ada beberapa poin yang menjadi penilaian pihak Kemenpora terhadap perkembangan atlet dari cabor-cabor tersebut. "Misalnya, peningkatan dari segi fisik, VO2 Maxnya meningkat atau tidak, keterampilannya meningkat atau tidak. Itulah bagian dari evaluasi," ujar Mulyana.

Di sisi lain, terkait anggaran, Mulyana mengatakan pihak Kemenpora bakal memprioritaskan bantuan dana untuk cabor yang diprediksi bakal meraih medali di Asian Games. Bantuan tersebut berasal dari dana internal Kemenpora yang dioptimalkan.

"Number of event medali yang akan kita prioritaskan. Itu yang akan menjadi fokus kami. Misalkan di taekwondo, itu ada pomsae. Di karate juga kami tambah," kata Mulyana mengakhiri.

Semenatar itu, sebanyak 28 dari 40 cabang olahraga telah menyepakati dana pelatnas Asian Games 2018. Sedangkan cabang-cabang olahraga yang belum menyepakati antara lain dayung, jetski, menembak, senam, sambo, dan tinju.

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp735 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018 untuk peningkatan prestasi dalam Asian Games dan Asian Para Games 2018. Sebanyak 70 persen atau Rp514,5 miliar dari anggaran itu akan dialokasikan kepada induk-induk cabang olahraga dan Komite Paralimpiade Nasional (NPC).

Sementara, 30 persen dari total anggaran itu akan digunakan untuk membayar pelatih asing, menyewa lapangan, bantuan bagi KONI sebagai pengawas, tes awal fisik atlet, dan bimbingan teknis laporan keuangan. (BC/ANT)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 90%

Wind: 11.27 km/h

  • 20 Jan 2018 28°C 22°C
  • 21 Jan 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px