Log in

Arena Pekan Olahraga Provinsi Sumut 2019


Cabang Silat

Setelah melaksanakan pertandingan babak penyisihan cabang Silat selama dua hari (Minggu-Senin) yang diikuti partai A - J dengan kelas putra dan putri. Maka Selasa (hari ini) dimulainya babak semifinal siang hari. Hal itu karena masih adanya babak penyisihan untuk seni kategori ganda putra dan putri.

"Pagi besok penyisihan seni kategori ganda putra dan putri. Siangnya dilaksanakan partai tanding semifinal putra dan putri, akan dilanjutkan Rabu siang bila belum selesai," kata salah seorang panitia, Senin (24/6) di arena pertandingan Gedung Serba Guna, Medan.

Tinju

Medan mendominasi dengan meloloskan tiga petinjunya ke babak final tinju hari kedua yang digelar di Gelanggang Remaja, Medan, Senin (24/6). Ketiganya yakni, kelas 54 kg, Mutiara Putri Silica menang WO dari petinju Tanjung Balai, Sumarni Handayani. Dari kelas 57 kg, Cindy Khairani Lubis juga menang WO atas Ronika Masri Sagala (Samosir). Kategori putra, dari kelas 81 kg, Daniel Pasaribu melenggang ke babak final setelah menang WO dari petinju Asahan, Putra Sandi Hutajulu.

Peluang Medan mengirimkan wakilnya kebabak final masih terbuka lebar, mengingat empat petinju lainnya lakoni babak semifinal. Yakni, Lutfia Lisandri (kelas 51 kg), Kahfi Ichwan Batu Bara (69 kg), Jose Agusto Napitupulu (46 kg) dan Abel Silaban (56 kg).

"Target kami minimal empat medali emas kami menangkan. Mudah-mudahan dengan tiga petinju ke final dan masih ada lainnya, kami bisa memenuhi target itu," kata Pelatih tinju Kota Medan, Niazi Almyharapnya didampingi pelatih lainnya, Benget Simorangkir dan Nazarudin Lubis.

Diyakininya, jika persaingan pada kategori putri, masih didominasi anak asuhnya. Namun, hal yang sedikit berbeda di kategori putra. "Kategori putri, saya melihat, kami masih mendominasi. Sedangkan putra, peluang besar terletak pada Daniel Pasaribu. Mudah-mudahan atlet lainnya mengikuti jejak mereka. Karena masih ada peluang kami menambah lolos ke babak final," kata Niazi.

Taekwondo

Hari pertama cabang olahraga (cabor) Taekwondo, kontingen Kota Medan mendominasi setelah meraih 3 emas dan 2 perak yang dilaksanakan di GOR Cemara Asri, Senin (24/6). Di posisi kedua ditempati Kabupaten Karo yang juga mengumpulkan 3 emas. Tiga medali emas yang diraih kontingen Kota Medan disumbangkan Muhammad Raeshid (U-63 Putra),  Nesi Enda Gina (U-67 Putri) dan Thania Adriana (O-73 Putri). Sedangkan perak diraih Handiki Syahputra (U-74 Putra) dan Fani Fitria (U-49 Putri).

Tiga medali emas Kabupaten Karo disumbangkan Jai Surya D. Brahmana (U-68 Putra), Dandi Chinorta Kaban (U-74 Putra) dan Ananda Khairunisa (U-46 Putri). Sementara Binjai dan Langkat meraih satu medali emas. Hari pertama cabor Taekwondo ini diikuti 40 atlet.

Porprovsu 2019  cabor Taekwondo diikuti 113 atlet yang berasal dari 14 pengcab dan pengkot yang dilaksanakan selama tiga hari, 24-26 Juni. Sebelumnya, Ketua Harian Pengprov TI Sumut, H Muhammad Rivai mengatakan  Porprovsu ini menjadi ajang bagi atlet taekwondo untuk bisa masuk ke Pelatda Pra PON.

Tambah H Muhammad Rivai yang didampingi Ketua Panitia, Dr Rahma Dewi MPd dan Sekretaris Norbet Situmorang SE, kegiatan ini akan dibuka Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs. H. Musa Rajekshah, M.Hum yang sekaligus sebagai Ketua Pengprov TI Sumut pada Selasa (25/6) pagi.

Sedangkan nomor kategori yang dipertandingkan yakni Kyorugi (tarung) Senior dan Poomsae (Jurus) Senior Putra/Putri. Untuk kategori Kyorgi putra yakni kelas U-54, U-58, U-63, U-68, U-74, U-80, U-87 dan  87 Kg. Untuk Putri Kelas U-46, U-49, U-53, U-57, U-62, U-67, U-73, 73 Kg. Dan kategori Poomsae (Jurus) Senior/Putri yakni Poomsae Perorangan putra/putri, Poomsae Berpasangan (Pair) dan Poomsae Beregu (Team) Putra/Putri.

Tenis Meja

Tebingtinggi akhirnya meraih predikat juara  pada nomor beregu putra dengan skor 3-1 atas Labusel pada cabor tenis meja Proprovsu yang dilangsungkan di GOR Samudra, Senin (24/6). Tebingtinggi yang turun dengan atlet terbaiknya, Ahmad Suhaimi, Adang Alwi dan M Rizky Fadillah mampu memberikan hasil terbaik buat kota Lemang Batok tersebut.

Begitu juga dengan Labusel yang menurunkan atletnya seperti, Husni Hidayat, Faisal Azhari dan Dede Ismail, juga mampu member perlawanan berarti. Namun Tebingtinggilah yang keluar sebagai tim terbaik.

Nama atlet dan hasil laga babak final sebelumnya antara tim beregu putra Tebingtinggi melawan Labusel. Ahmad Suhaimi versus Faisal Azhari skor 3-0, M Rizky Fadillah vs Husni Hidayat 0-3 dan Adang Alwi vs Dede Ismail 3-0. Sementara untuk tim beregu putra tenis meja Porprovsu 2019, Tebingtinggi, Labusel dan posisi ketiga bersama diraih Medan dan Gunung Sitoli. Sedangkan juara pertama beregu putri diraih kontingen, Batubara, Binjai. Posisi tiga bersama diraih Medan dan Deliserdang.

Pelatih Labusel, M Rosyid Siregar mengatakan, kekalahan anak asuhnya disebabkan faktor usia, sehingga saat melawan Ahmad Suhaimi sering terjadi kekeliruan pukulan bola. "Jelas kendala pertama adalah usia walaupun permainan berimbang dan maksimal. Artinya faktor lucky lebih berpihak pada Tebingtinggi," pangkas Rosyid mengakhiri.

Atletik

Enam atlet yang sedang menjalani Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) bakal tampil pada cabang atletik Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2019. Mereka akan bersaing dengan atlet lainnya di Lintasan Atletik Unimed, 26-28 Juni mendatang.

Hal ini terungkap dalam teknikal meeting cabang atletik di FIK Unimed, Senin (24/6). "Ya, enam atlet yang sedang menjalani pelatnas bakal turun di Porprovsu kali ini," ujar Teknikal Delegate Atletik, Suharjo MPd.

Keenam atlet pelatnas tersebut adalah Abdul Hafez (Binjai), Agustina Manik (Asahan), Pretty Sihite (Sibolga), Welman Pasaribu (Deliserdang), Listen Siregar (Tapsel) dan Rustika Sibagariang (Humbahas). Selain itu, atlet jalan cepat yang pernah memecahkan rekor di Popnas, Syafaat Tarigan dari Karo juga akan tampil.

"Atlet itu kembali untuk membela daerahnya pada Porprovsu ini. Mereka kembali atas biaya dari daerah masing-masing, " ujar Suharjo. Cabang atletik Porprovsu ini diikuti 298 atlet dari 26 kabupaten/kota. Atlet tersebut akan bersaing di 40 nomor,  dengan rincian 20 nomor putra dan 20 nomor putri. "Atlet yang berlomba di Porprovsu ini merupakan lolos dari Porwilsu dan atlet PSE KONI Sumut," paparnya.  (Rel/YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px