Log in

Anies Baswedan : Jakarta Terpilih Tuan Rumah Formula E 2020


Jakarta-andalas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E 2020. Selain menghadiri United States-Indonesia Society (USINDO) di Washington, Amerika Serikat, Anies menyempatkan diri terbang ke New York untuk bertemu Federasi Otomotif Internasional (FIA) selaku pengelola Formula E.

Formula E merupakan turnamen balapan terpopuler kedua setelah Formula 1. Bedanya, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik dan diadakan di sirkuit jalan raya. Anies melalui akun Instagram-nya mengumumkan bahwa FIA merestui Jakarta sebagai salah satu tuan rumah Formula E.

"Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," tulis Anies.

Anies menjelaskan, pertemuan dengan FIA terjadi pada Jumat (13/7) bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Ia berdiskusi dengan para petinggi Formula E, Alexandro Agag dan Alberto Longo, yang juga legenda dunia balap mobil.

"Di ujungnya kita bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, perjuangan panjang dari seluruh jajaran DKI dan tim telah membuahkan hasil. Bersyukur bahwa ada banyak kota besar dunia berusaha, tapi Jakarta yang berkesempatan," tutur Anies.

Wacana Jakarta menjadi tuan rumah Formula E sudah santer sejak beberapa tahun lalu. Delegasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang dipimpin ketuanya Sadikin Aksa di markas FIA di Paris, Perancis, pada 2018.

Rencananya, Balapan jalan raya dengan jarak lintasan yang cukup pendek ini akan melintasi kawasan Monas hingga Gelora Bung Karno, Senayan. Karena membawa pesa Eco Green, salah satu syaratnya adalah menurunkan pengurangan polusi dari pemerintah Indonesia.

Namun, hingga kini belum ada informasi resmi dari FIA soal Jakarta ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah Formula E 2020. Kegiatan Anies di New York diketahui melalui Instagramnya, @aniesbaswedan, yang mem-posting sejumlah foto pertemuan Anies dengan pengelola Formula E. Dalam posting-annya, Anies menyebut telah mencapai kesepakatan dengan pengelola Formula E.

"Alhamdulillah, berhasil!" tulis Anies seperti dilihat detikcom, Minggu (14/7). Kesepakatan yang dimaksudkan Anies adalah penyelenggaraan Formula E 2020 di Jakarta.  "Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," jelasnya.

Anies menuturkan pertemuan dengan pengelola Formula E sudah dipersiapkan sejak beberapa bulan lalu. Namun eks Mendikbud itu tidak menjelaskan lokasi di Ibu Kota yang nantinya akan dijadikan sirkuit Formula E.

"Sejak tiga bulan lalu persiapan pertemuan ini telah dilakukan. Tim dari Formula E juga sudah datang khusus melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli lalu. Karena Jakarta berkompetisi dengan kota dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan tertib dan tak banyak bicara," papar Anies.

Anies sebelumnya terbang ke ke Washington untuk menghadiri acara USINDO di Washington, DC, pada 13-17 Juli 2019. Sebelum ke AS, Anies berada di Kolombia untuk menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) pada 7-12 Juli 2019.(CNN/DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px