Log in

Aljazair dan Tunisia Melangkah ke Semifinal


Aljazair dan Tunisia memastikan tempat mereka di semifinal Piala Afrika 2019 menyusul Senegal dan Nigeria. Aljazair menghadapi Pantai Gading di Stadion Suez, Mesir, Kamis (11/7), laga berjalan ketat dimana kedua negara harus menyelesaikan pertandingan hingga babak adu penalti. Bermain imbang 1-1 di waktu normal 90 menit. Aljazair unggul lebih dulu berkat gol Sofiane Feghouli pada menit ke-20. Pantai Gading kemudian menyamakan skor pada menit ke-62 melalui Jonathan Kodjia.

Skor 1-1 bertahan hingga 120 menit dan kesebelasan Rubah Gurun baru bisa memastikan kemenangan melalui babak adu penalti. Dalam babak tos-tosan tersebut Aljazair menang 4-3 Di laga lainnya, Madagaskar gagal kembali berikan kejutan setelah kali ini harus pulang ditangan Tunisia. Sempat berjalan imbang di babak pertama, Tunisia berhasil menunjukkan dominasinya dengan mencetak tiga gol di babak kedua sekaligus muluskan jalan mereka ke 4 besar.

Dengan hasil ini, laga semifinal akan mempertemukan Senegal melawan Tunisia. Sementara di partai lainnya Aljazair akan ditantang oleh Nigeria. Sebelumnya, Nigeria melaju ke semifinal  setelah menundukkan Afrika Selatan dengan skor tipis 2 - 1 di fase 8 besar di Kairo, Mesir.

Nigeria membuka keunggulan pada menit ke-27 lewat aksi pemain sayap Samuel Chukwueze. Namun, keunggulan tiga kali juara Piala Afrika dapat dibalas Afrika Selatan melalui Bongani Zungu pada menit ke-71. Gol kemenangan Nigeria ditentukan ketika pertandingan bersisa 2 menit melalui William Troost-Ekong. Sedangkan Senegal menang 1-0 atas Benin.

Aljazair masuk ke semifinal Piala Afrika untuk kali pertama sejak 2010. Setelah menjadi juara Piala Afrika 1990, kesebelasan negara asal Afrika Utara baru sekali menembus fase empat besar yakni pada 2010. (BEIN/CNN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px