Log in

Ajax Lolos ke Playoff Liga Champions, Porto dan Celtic Masuk Kotak


Ajax Amsterdam melangkah ke babak Playoff Liga Champions dan mendekatkan diri ke fase grup. Sementara kejutan terjadi ketika FC Porto masuk kotak. Setelah berimbang 2-2 di kandang PAOK pekan lalu, Ajax giliran menjamu lawannya itu di Johan Cruyff Arena, Rabu (14/8) dini hari WIB pada leg kedua babak ketiga Kualifikasi Liga Champions.

Ajax menang 3-2 dan berhak lolos dengan agregat 5-4 ke babak playoff. Di babak playoff, APOEL Nicosia akan jadi lawan Ajax pada 21 dan 29 Agustus.

Namun, keberhasilan Ajax lolos tak diikuti Porto yang justru kandas di tangan klub Rusia, Krasnodar, meski jadi tuan rumah pada leg kedua di Estadion Do Dragao. Krasnodar memberi kejutan untuk Porto ketika mereka berhasil memimpin 3-0 di babak pertama yang diawali gol cepat Tonny Vilhena pada menit ketiga. Shapi Suleymanov membuat dua gol pada menit ke-12 dan ke-34. Porto tak bisa mengejar ketertinggalan dan akhirnya harus kalah 2-3. Porto tersingkir karena kalah agregat gol tandang karena cuma menang 1-0 di leg pertama. Krasnodar bertemu wakil Yunani, Olympiakos, di babak playoff. Skor agregat memang 3-3, setelah Porto di pertemuan pertama meraih kemenangan 1-0 di Rusia. Akan tetapi, Krasnodar berhak melaju ke play-off karena aturan gol tandang.

Begitu juga juara Liga Skotlandia, Celtic FC, masuk kotak usai disingkirkan Cluj dengan agregat total 4-5. Bermain di kandang setelah imbang 1-1 di leg pertama, Celtic malah takluk dengan skor 3-4.

Ini adalah pertama kalinya para pemenang tahun 2004 Porto absen di babak grup Liga Champions sejak musim 2010-11. Selanjutnya juara Belanda akan melawan klub Siprus Apoel Nicosia untuk mendapat tempat di babak grup Liga Champions. Klub Bruges juga lolos setelah imbang dramatis 3-3 dengan Dynamo Kiev di Ukraina, untuk menang agregat 4-3. (DTC/BBC/YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px