Log in

700 Pesilat Bersaing di Kejurda Piala Gubsu


Lubuk Pakam-andalas Sebanyak 700 pesilat dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara bersaing dikejuaraan daerah memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang digelar di GOR Baharuddin Siregar Lubuk Pakam, Deliserdang pada 16-19 Mei 2017.

Gubsu Tengku Erry Nuradi saat membuka kejurda tersebut mengatakan, pihaknya merasa bangga karena silat yang merupakan asli olahraga asal Indonesia, tidak hanya dipertandingkan di event nasional, namun juga internasional seperti SEA Games, Asian Games dan kejuaraan dunia. Silat di Sumut termasuk salah satu cabang olahraga yang cukup populer dan pada PON lalu di Jawa Barat berhasil menumbang lima perunggu.

"Memang pencak silat belum meraih emas di PON tahun lalu. Padahal kita sudah janjikan bonus bagi pesilat berprestasi. Terbukti, pada akhir Desember lalu, untuk pertama kalinya sejarah pemprov memberikan bonus terbesar bagi atlet PON, Paralimpik, Pospenas, dan Popnas dengan total Rp21 miliar," kata Gubsu, Selasa (16/5)

Terkait prestasi tersebut, ia mengajak Pengprov IPSI Sumut terus melakukan pembinaan secara optimal kepada atlet, khususnya mulai usia dini serta memperkuat kerja sama dengan pengcab dan perguruan di seluruh kabupaten/kota.

Menurut Erry, kejuaraan itu sangat penting bagi atlet untuk unjuk diri dari hasil latihan selama ini, serta evaluasi untuk mewakili provinsi di tingkat nasional dan negara di level internasional.

"Mudah-mudahan even ini berkelanjutan setiap tahun. Karena sudah lama even olahraga kita 'tidur' dan tidak ada even olahraga memperebutkan Piala Gubernur. Pemerintah provinsi pastinya terus berkomitmen untuk mendorong olahraga Sumut kembali bisa bangkit," katanya.

Ketua panitia Joshua Sinurat mengatakan, kejurda kali ini mempertandingkan kategori tarung dan seni putera/puteri. Untuk kategori tarung mempertandingkan kelas A putera/puteri, sedangkan kelas seni yakni nomor Tunggal, Ganda, dan Regu (TGR). (ANT)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 93%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Nov 2017 29°C 22°C
  • 21 Nov 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px