Log in

3 Kabupaten di Aceh Gelar Festival Arung Jeram 5-17 Desember 2019

Lokasi areal di Krueng Peusangan Kabupaten Bireuen indah dan menarik. Lokasi areal di Krueng Peusangan Kabupaten Bireuen indah dan menarik.

Bireuen-andalas Forum DAS Krueng Peusangan (FDKP) melakukan pelaksanaan festival arung jeram 5 sampai 17 Desember 2019 di tiga Kabupaten di Aceh yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Bireuen.

Demikian diungkapklan Ketua Umum FDKP, Suhaimi Hamid, S.Sos.M.Sp kepada andalas Minggu (30/11) di Bireuen dengan harapan adanya dukungan dari Kementerian LHK dalam prosesi Festival Krueng Peusangan Bireuen serta dukungan dan partisipasi para anggota DPR dan DPD RI asal Aceh.

Suhaimi menyebutkan, Festival Krueng Peusangan digelar dalam rangka mengkampanyekan pengelolaan dan perlindungan DAS Peusangan secara terpadu dari hulu ke hilir apalagi DAS Peusangan merupakan salah satu DAS Prioritas Nasional di Aceh.

Menurut Suhaimi Hamid yang juga praktisi Partai Nanggroe Aceh (PNA) yang saat ini terpilih kembali untuk kedua kalinya (2019–2024) sebagai anggota DPRK Bireuen menyebutkan, pelaksanaan pembukaan di Aceh Tengah dipastikan sangat seru apalagi dilaporkan arung jeram di Aceh Tengah dapat memacu adrenalin.

Selanjutnya Camping dan Tracking di Kabupaten Bener Meriah serta nantinya penutupan pestival dipusatkan di Bireuen. Sementara nantinya pada acara penutupan yang dipusatkan di Krueng Peusangan diwarnai dengan serangkaian kegiatan.

Harapannya, pemerintah private sector dan masyarakat harus terlibat aktif melindungi daerah tangkapan air di DAS Peusangan sebab bila tidak adanya kepedulian dengan persoalan di hulu DAS Peusangan, maka ancamanya adalah krisis air yang dapat menggangu kelangsungan hidup manusia.

Menurut Suhaimi, skema Imbal Jasa Lingkungan atau Payment for Environmental Servies (PES) merupakan salah satu skema yang dapat dilakukan dalam rangka melindungi catchment area di DAS Peusangan.

Diharapkan, sejumlah private sector yang bergantung pada sumber air di DAS Peusangan perlu berkontribusi dalam rangka melindungi sumber air DAS Peusangan.

"Para pihak harus melindungi keanekaragaman hayati untuk dapat mengintegrasikan dokumen master plan koridor satwa yang telah disusun oleh Bappeda Aceh ke dalam dokumen perencanaan dan penganggaran,” pinta Suhaimi.

Menurut Suhaimi serangkaian agenda kegiatan penutupan di antaranya seremonial penandatanganan MoU Imbal Jasa Lingkungan.

Selain itu, tambah Suhaimi Hamid, Master Plan Koridor Satwa, Testimoni Imbal Jasa Lingkungan dari para private sector, seni budaya, pameran hijau dan sejumlah pertunjukan lainnya.

Sementara itu dilaporkan, untuk menikmati permainan air ini, traveler yang berada di Takengon, Aceh Tengah, Aceh dapat mencobanya di Gayo Adventure. Lokasi ini terletak di jembatan Lukup Badak atau sekitar 7,5 kilometer dari pusat kota Takengon. Aceh Tengah. (HERA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px